NGOPILOTONG.COM   -   Di penghujung tahun 2022, Kita telah disuguhkan pemandangan langit yang spektakuler dengan lima planet yang sejajar sama pada bulan Juni dan gerhana bulan total pada bulan Mei.

Tapi semua hal baik akan berakhir. Pada hari Selasa, 8 November, Bumi akan mengalami gerhana bulan total pertama dalam tiga tahun.

Dan percayalah pada kami, jangan lewatkan yang satu ini. Gerhana bulan total, yang dikenal sebagai "bulan darah" karena warna merah aneh dari bulan purnama, adalah kesempatan besar bagi seluruh keluarga untuk melihat fenomena astronomi yang spektakuler tanpa perlu teropong atau peralatan khusus. Setelah minggu ini, gerhana bulan total berikutnya tidak akan sampai 13-14 Maret 2025 (tergantung di mana Anda berada).

Gerhana bulan total terjadi ketika Bumi melewati antara Matahari dan Bulan dan menimbulkan bayangan di Bulan.

Sementara sinar matahari langsung benar-benar terhalang, atmosfer bumi cukup transparan untuk memungkinkan beberapa cahaya melewati bulan.

Tetapi cahaya ini dibiaskan, yang berarti bahwa panjang gelombang cahaya biru yang lebih pendek tersebar lebih banyak daripada cahaya merah yang lebih panjang, memberikan bulan cahaya merah hantu. Oleh karena itu nama "Blood Moon". Gerhana matahari total pada 8 November 2022 akan menjadi gerhana total lembut yang berlangsung selama 1 jam 25 menit. Itu berarti kita semua punya cukup waktu untuk keluar dan mengawasi kegelapan dan melihat "bulan darah" masuk. Warna merah yang menakutkan karena bayang-bayang planet kita.




Ini juga berarti bahwa gerhana akan terlihat oleh kebanyakan orang di dunia. Siapa pun di Bumi pada malam hari, sekitar satu jam pada pukul 0800 UTC, dapat menyaksikan fenomena ini.

Ini berarti Australia, Selandia Baru, dan sebagian besar Asia akan mengalami gerhana matahari pada Selasa malam. Bagi warga Australia, gerhana matahari dimulai pada 20:09 AEDT dan terjadi dari 21:16 hingga 22:41 AEDT.

Beberapa bagian Amerika Utara dan Selatan juga bisa melihat gerhana matahari dini hari pada hari Selasa sebelum matahari terbit. Dimulai tepat setelah pukul 03.00 Waktu Bagian Timur, tetapi berlanjut dari pukul 05.16 hingga pukul 06.41 Waktu Bagian Timur. . Anda dapat menggunakan alat di TimeandDate.com untuk mengetahui kapan gerhana matahari akan terjadi.

Daerah lain di mana setidaknya sebagian dari gerhana dapat dilihat termasuk Eropa utara/timur, Samudra Pasifik, Samudra Atlantik, Samudra Hindia, Arktik, dan Antartika.

Menonton gemerisik satelit yang kita kenal layak untuk bangun pagi atau begadang.Tapi kali ini, ada bonus tambahan dari Uranus, yang jarang dimiliki oleh mereka yang memiliki teropong.

Jika cahaya bulan tidak mengaburkan planet es yang jauh selama seluruh periode, Uranus akan muncul sebagai bintang terang selebar satu jari di atas bulannya. Jangan khawatir, meskipun kamu tidak bisa melihat gerhana kali ini, kamu bisa menontonnya secara online bersama! Observatorium Griffith Los Angeles, TimeandDate Italia dan Proyek Teleskop Virtual ditayangkan.

Mudah-mudahan, di mana pun Anda berada, Anda dapat merasakan langit yang cerah, atau setidaknya koneksi internet yang baik, dan menyaksikan bayangan bumi mengubah warna satelit.

Tidak ada yang membuat kita merasa lebih kecil dan lebih terhubung dengan alam semesta selain gerhana matahari.





FOLLOW GOOGLE BUSSINESS DAN BERI ULASAN
FOLLOW NEWSLETTER KAMI
IKUTI KAMI DI TWITTER