Image : Pemkab Sinjai


NGOPILOTONG.COM,  -  Pemerintah Kabupaten Sinjai telah menyelesaikan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025 di 9 kecamatan, dan kini memulai tahapan Musrenbang RKPD tingkat Kabupaten. Acara ini dibuka oleh Penjabat (Pj) Bupati Sinjai, T.R. Fahsul Falah, bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai pada Kamis (28/03).


Dalam sambutannya, Pj Bupati menekankan pentingnya Musrenbang sebagai wadah untuk menyamakan pemahaman dan pandangan mengenai urusan pemerintahan dan pembangunan secara menyeluruh. Hal ini bertujuan agar program pembangunan daerah dapat selaras dengan arah pembangunan di tingkat provinsi dan nasional.


Musrenbang RKPD Kabupaten Sinjai Tahun 2025 merupakan implementasi dari Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. RKPD disusun setiap tahun melalui tahapan Musrenbang dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan, hingga tingkat kabupaten.


Dalam konteks ini, tema RKPD Kabupaten Sinjai Tahun 2025 adalah “Peningkatan Daya Saing SDM untuk Percepatan Peningkatan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan”. Tema ini telah disesuaikan dengan tema RKPD Provinsi Sulawesi Selatan dan Rencana Kerja Pemerintah Pusat Tahun 2025.


Berdasarkan tema tersebut, fokus program prioritas termasuk pemantapan pemulihan ekonomi, peningkatan sumberdaya manusia, pengembangan sektor pertanian, pariwisata, perikanan, jasa, industri, dan UMKM, peningkatan infrastruktur pendukung, serta dukungan pada bidang keagamaan.


Musrenbang RKPD tingkat Kabupaten Sinjai dihadiri oleh berbagai pihak termasuk Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel yang mewakili Pj Gubernur Sulsel, Ketua DPRD Sinjai, Pimpinan Forkopimda, Sekda Sinjai, Kepala OPD, Camat, Kepala Desa/Lurah, dan Forum Anak.




Penulis   :  Zulfi

Editor     :  Zumardi


Baca Artikel Lainnya di GOOGLE NEWS