NGOPILOTONG.COM,  -  Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) akan melakukan penanaman mangrove secara massal di 25 lokasi di seluruh Indonesia pada Kamis (25/4/2024). 


Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung rehabilitasi kawasan mangrove di Tanah Air dalam upaya mengendalikan perubahan iklim.


Menurut Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono, penanaman mangrove ini merupakan wujud nyata komitmen pemerintah dalam menghadapi perubahan iklim. Penanaman pohon akan dilakukan di 25 titik yang tersebar di 23 provinsi, melibatkan pemerintah daerah dan komunitas peduli lingkungan.


Penanaman mangrove secara serentak telah menjadi kegiatan rutin KLHK dalam berbagai momentum penting, seperti Hari Lahan Basah Sedunia dan Hari Bakti Rimbawan. Bambang menegaskan bahwa penanaman mangrove ini merupakan bagian dari rencana nasional selama sepuluh tahun ke depan sejak tahun 2021.


Selain upaya KLHK, Pemerintah juga menargetkan rehabilitasi mangrove seluas 600.000 hektare melalui BRGM di beberapa provinsi, termasuk Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Papua, dan Papua Barat.




Editor     :  Ahmad Firdaus



Baca Artikel Lainnya di GOOGLE NEWS