NGOPILOTONG.COM,  -  Pallu Basa adalah salah satu kuliner di Sinjai yang memiliki sejarah dan cita rasa yang unik. Terletak di Jalan Persatuan Raya Sinjai, Depan Kantor Baznas Sinjai, Pallu Basa telah menjadi makanan favorit bagi banyak orang, terutama kelas pekerja seperti kuli bangunan, tukang becak, dan kelas pekerja lainnya.


Sejarah Pallu Basa bermula dari catatan sejarah 10 ikon Makassar, di mana makanan ini awalnya dikonsumsi oleh kelas pekerja karena merupakan makanan termurah yang dapat dijangkau oleh mereka. Pallu Basa terbuat dari campuran berkuah yang dicampur dengan kelapa parut goreng. Namun, yang membuatnya menjadi makanan murah adalah campuran isi atau daging yang tidak dibutuhkan oleh pemilik sapi.


Bagian-bagian sapi yang tidak dibutuhkan, seperti bakal susu, baluta, susu sapi, biji pelir sapi, usus lurus, Latto-latto', dan gantungan jantung, diberikan kepada pemotong sapi sebagai jatah atau upah. Pemotong sapi ini kemudian mengolah sisa-sisa tersebut menjadi makanan yang disebut Pallu Basa.


Pallu Basa memiliki perbedaan dengan makanan berkuah lainnya seperti coto Makassar. Perbedaan tersebut terletak pada proses memasaknya. Jeroan untuk Pallu Basa direbus dalam waktu yang lama sehingga dagingnya menjadi empuk dan lezat. Setelah matang, jeroan dan daging diiris dan dihidangkan dalam mangkuk.


Salah satu tambahan yang membuat Pallu Basa lebih istimewa adalah penambahan telur ayam yang dimasak setengah matang. Ini memberikan cita rasa yang lebih kaya dan tekstur yang lezat pada makanan ini.


Harga Pallubasa di Sinjai

Awalnya, Pallu Basa biasanya disantap bersama dengan burasa yang berukuran besar. Namun, saat ini, Pallu Basa lebih sering disajikan dengan nasi putih yang masih panas. Gabungan antara kuah yang kental dan gurih, daging yang empuk, dan tambahan telur setengah matang menciptakan sensasi rasa yang unik dan memuaskan.


Pallu Basa telah menjadi salah satu kuliner yang populer di Sinjai. Dengan cita rasa yang khas dan sejarah yang menarik, tidak heran jika banyak orang tertarik untuk mencicipi makanan ini. Jika Anda sedang berada di Sinjai, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba Pallu Basa di Jalan Persatuan Raya Sinjai, Depan Kantor Baznas Sinjai.


Bagi Anda yang berminat dengan Makanan yang satu ini Silahkan Kunjungi Warungnya :


Nama Warung    : Pallu Basa Begadang Warung Indhy

Alamat                : Jl. Persatuan Raya Sinjai ( Depan Kantor Baznas )

WhatsApp           : 0823 9332 5959




KAMPANYE & PROMO DIGITAL HUBUNGI