Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten tersebut, Dr. Yuhadi Samad


NGOPILOTONG.COM,  -  Proses penyaluran Dana Desa (DD) di wilayah Kabupaten Sinjai, pada tahun 2024 berjalan lancar. Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten tersebut, Dr. Yuhadi Samad, pada Minggu (24/3), tahap pertama pencairan DD telah berhasil dilakukan oleh sebanyak 11 desa yang bersumber dari APBN.


Yuhadi menjelaskan bahwa pencairan DD dilakukan dalam dua tahap selama tahun 2024, dan hal ini sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Dari total pagu DD sebesar Rp61,231 miliar untuk tahun 2024, saat ini telah disalurkan lebih dari Rp5.836 miliar kepada 11 desa yang termasuk di antaranya adalah Desa Terasa, Gantarang, Botolempangan, Gunung Perak, Arabika, Saotengah, Saohiring, Bua, Massaile, Tongke-tongke, dan Padaelo.


"Kami bersyukur bahwa pencairan DD di Sinjai berjalan lancar. Bahkan, sudah ada 11 desa yang telah menerima pencairan langsung ke rekening masing-masing desa," ujar Yuhadi.


Selain itu, menurut Yuhadi, sejumlah desa juga telah mengajukan pencairan DD tahap pertama hingga pekan terakhir bulan Maret. Saat ini, terdapat 5 desa lagi yang sedang mengusulkan pencairan tahap pertama, yaitu Desa Barania, Pulau Harapan, Sanjai, Sukamaju, dan Pulau Persatuan.


Yuhadi menegaskan bahwa kelancaran pencairan DD tergantung pada kesiapan desa dalam melengkapi berkas-berkas yang diperlukan. "Kami memastikan bahwa proses pencairan DD berjalan normal, selama pengajuan berkas sudah lengkap, maka akan segera kami daftarkan ke BKAD dan selanjutnya ke KPPN untuk dicairkan," tambahnya.


Selain DD, Yuhadi juga mengungkapkan bahwa 8 desa telah melakukan pencairan Alokasi Dana Desa (ADD), serta dua desa telah menerima penghasilan tetap (Siltap) dari Pemerintah Desa, termasuk tunjangan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), insentif RT/RW, dan Kader Desa.


Pj Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah, mengucapkan terima kasih kepada desa-desa yang telah melakukan pencairan dana DD, ADD, serta penghasilan tetap. Dia juga mengingatkan desa-desa yang belum melakukan pencairan untuk segera mengusulkan dengan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. "Terima kasih kepada seluruh Kepala Desa yang telah berpartisipasi dalam pencairan DD, ADD, dan Siltap, dan kepada yang belum, silakan segera ajukan dengan memenuhi ketentuan yang berlaku," kata T.R Fahsul Falah.



Penulis   :  RizQ

Editor     :  Zumardi


Baca Artikel Lainnya di GOOGLE NEWS