Kolase 5 Caleg DPR RI dengan Suara Terbanyak Sementara


NGOPILOTONG.COM,  -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih sibuk dengan proses rekapitulasi hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 di tingkat nasional. Dalam konteks Pileg, terdapat 580 kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) untuk periode 2024-2029 yang akan diperebutkan oleh berbagai calon legislatif (caleg).


Namun, peluang masuknya parpol yang menjadi tempat caleg bernaung ke Senayan tidaklah mutlak, karena terdapat aturan parliamentary threshold sebesar 4%. Ini berarti meskipun seorang caleg meraih suara dominan di partainya, namun jika partainya tidak memenuhi ambang batas tersebut, maka parpol tersebut tidak akan mendapatkan kursi di DPR RI.


Penentuan keterpilihan seorang caleg sebagai anggota DPR dan Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) akan ditentukan melalui metode Sainte-Laguë. Metode ini membagi perolehan kursi suatu partai dalam satu daerah pemilihan (dapil) dengan menggunakan bilangan pembagi ganjil seperti 1, 3, 5, 7, dan seterusnya sesuai dengan jumlah kursi yang tersedia di dapil tersebut.


Berikut adalah lima caleg DPR RI yang meraih suara terbanyak sementara di Indonesia dalam Pemilu 2024:


1. Said Abdulah dari PDIP untuk daerah pemilihan Jawa Timur XI dengan perolehan suara sebanyak 528.815.

2. Dedi Mulyadi dari Gerindra untuk daerah pemilihan Jawa Barat VII dengan perolehan suara sebanyak 371.540.

3. Ahmad Baidowi dari PPP untuk daerah pemilihan Jawa Timur XI dengan perolehan suara sebanyak 355.319.

4. Ibas Yudhoyono dari Demokrat untuk daerah pemilihan Jawa Timur VII dengan perolehan suara sebanyak 318.223.

5. Hillary Brigitta Lasut dari Demokrat untuk daerah pemilihan Sulawesi Utara dengan perolehan suara sebanyak 310.780.


Perjalanan menuju kursi DPR RI dipenuhi dengan persaingan ketat dan berbagai strategi politik. Namun, yang pasti, hasil akhir dari rekapitulasi KPU akan menentukan siapa-siapa saja yang akan duduk di gedung parlemen untuk lima tahun ke depan.



Baca Artikel Lainnya di GOOGLE NEWS