Cecep E. Heriyana, Legenda MotoGP asal Indonesia 


NGOPILOTONG.COM   -   Jauh sebelum ada nama Valentino Rossie muncul di ajang balap motor Grand Prix (GP) dunia, dan jauh sebelum para pembalap ternama dunia berlaga di sirkuit Mandalika Lombok beberapa waktu silam, Indonesia sebetulnya telah lebih dahulu mempunyai pembalap motor GP yang pernah berjaya pada era tahun 1960-an akhir s/d tahun 1970-an.


Dia adalah Cecep Ewyong Heriyana, atau biasa ditulis Cecep Heriyana saja. Ada yang memanggilnya Pak Cecep atau Kang Cecep.

Ia adalah seorang pembalap dari Tanah Pasundan yang pernah berlaga di banyak sirkuit dunia, seperti Italia, Jepang, Jerman, Singapura serta meraih juara dunia di Grand Prix Macau tahun 1970.

Cecep sampai sekarang masih ada dan berusia 83 tahun. Namun sekarang ia tinggal di Panti Jompo dengan kesejahteraan yang kurang. Yah, kita tau sendiri bahwa di Indonesia seringkali kurang memperhatikan kesejahteraan orang-orang yang dahulu pernah berkiprah mengharumkan nama bangsa bahkan hingga ke kancah internasional.

Sebagai wujud perhatian, Cecep di usia lanjut usianya pernah mendapatkan perhatian berupa bantuan dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Selain itu ia juga mendapatkan kesempatan menonton acara Grand Prix di Mandalika secara gratis ditemani oleh Gubernur Jabar dan rombonganya. Acara kelas dunia di Mandalika mengingatkan memori Cecep muda saat berlaga di banyak kejuaraan dunia.

Kang Cecep adalah bagian dari sejarah Moto GP Indonesia.



DAPATKAN UPDATE BERITA VIA NGOPILOTONG.COM, FOLLOW FACEBOOK KAMI

BAGI ANDA PECINTA KULINER RAHASIA KULINER ADALAH SOLUSINYA