NGOPILOTONG.COM   -   Pelajari cara melindungi informasi pribadi Anda agar tetap aman dari serangan dunia maya. Di era digital dengan begitu banyak aktivitas online, pemerintah perlu memiliki keamanan siber yang kuat. Selain itu, sebagai masyarakat, kita juga perlu melindungi informasi pribadi agar tetap aman. Nah, berikut ini beberapa cara untuk melindungi data pribadi Anda di tengah serangan cyber yang harus Anda ketahui. 

 1. Menggunakan Kata Sandi yang Sulit 

 Sebagian besar pendekatan terhadap pencurian data dan akses tidak sah ke informasi pribadi menggunakan nama pengguna dan kata sandi. Tidak banyak orang yang membuat password sesederhana mungkin untuk supaya tidak mudah orang lain tebak orang lain. Mereka biasanya melakukan ini karena mereka takut lupa kata sandi mereka. Inilah alasan utama mengapa kebanyakan orang memilih kata sandi yang sama dengan nama pengguna, tanggal lahir, nama anak, dll. Salah satu cara paling umum untuk melindungi informasi pribadi adalah dengan membuat kata sandi unik menggunakan kombinasi karakter, huruf, dan tanda baca yang sulit orang lain tebak. Jika Anda takut lupa, karena Anda dapat menulis kata sandi di tempat lain tanpa menunjukkan bahwa itu adalah kata sandi. Jangan lupa untuk mengganti password secara berkala. 

 2. Waspadai Link Phishing 

Pernahkah Anda menemukan informasi palsu di grup chat orang lain? Yah, sebagian besar waktu informasinya termasuk undangan untuk mengklik tautan yang terdaftar. Misalnya, permintaan untuk mengisi formulir dukungan pemerintah, tetapi situs web tersebut bukan milik pemerintah. Oleh karena itu, berhati-hatilah saat mengklik berbagai tautan yang belum diverifikasi untuk menghindari pengungkapan informasi pribadi. Waspadalah terhadap tautan phishing yang dapat mencuri informasi pribadi di ponsel cerdas atau perangkat komputer kita. 

 3. Keamanan data terenkripsi. 

Enkripsi data adalah proses mengubah data menjadi format yang tidak dapat dipahami atau dibaca oleh orang yang tidak berwenang. Pastikan data dienkripsi saat memasukkan informasi penting untuk melindungi informasi pribadi secara online. Ingatlah untuk selalu memperhatikan rasa keamanan dunia maya Anda dan jangan sampai kehilangan diri sendiri karena kejahatan dunia maya semakin menjadi perhatian. 

 

 4. Berhati-hatilah saat menggunakan Wi-Fi di tempat umum 

Wi-Fi yang tersedia gratis di tempat umum akan membantu Anda saat membutuhkan koneksi internet yang lancar tanpa membayar biaya berlangganan. Tidak ada yang salah dengan menggunakan media Wi-Fi, tetapi Anda harus berhati-hati. Karena terkadang penjahat dunia maya menyalahgunakan Wi-Fi untuk mencuri informasi pribadi secara online. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk melindungi informasi pribadi Anda secara online. Jika memungkinkan, Anda juga dapat menggunakan mode penyamaran saat menjelajahi web. Menggunakan mode penyamaran atau jendela penyamaran dapat mencegah kebocoran data yang mungkin terjadi.




DAPATKAN UPDATE BERITA VIA NGOPILOTONG.COM, FOLLOW FACEBOOK KAMI

BAGI ANDA PECINTA KULINER RAHASIA KULINER ADALAH SOLUSINYA