NGOPILOTONG.COM,  -  Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 pada bulan Agustus mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai telah mulai mempersiapkan diri. Salah satu persiapan yang dilakukan adalah seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) untuk mengibarkan dan menurunkan Bendera Pusaka pada peringatan HUT RI. Sinjai, 18 April 2024.


Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sinjai turun ke sekolah-sekolah tingkat SMA sederajat untuk mencari bibit-bibit muda calon Paskibra. Seleksi Calon Paskibra tingkat Kabupaten Sinjai tahun 2024 resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Sinjai, Andi Jefrianto Asapa, di SMKN 1 Sinjai pada Kamis, 18 April.


Andi Jefrianto dalam arahannya menyampaikan bahwa peserta seleksi akan memiliki tugas mulia dalam pengibaran dan penurunan Bendera Pusaka pada peringatan HUT RI. Meskipun hanya sekitar 70 orang yang akan diterima, namun sebanyak 249 siswa berkompetisi untuk mendapatkan tempat sebagai petugas pengibar bendera.


"Seleksi ini dilakukan untuk memilih putra-putri terbaik Sinjai yang akan menjaga marwah bendera merah putih pada saat 17 Agustus mendatang. Tanggung jawabnya tidaklah ringan, sebab beribu-ribu pasang mata akan menyaksikan saat melakukan persiapan pengibaran bendera merah putih," ujarnya.


Seleksi ini dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 51 Tahun 2022 tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka. Proses seleksi akan berlangsung hingga 23 April 2024 mendatang.


Dengan demikian, Pemkab Sinjai berharap dapat mendapatkan putra-putri terbaik yang akan menjadi pelaksana pengibar Bendera Pusaka dengan penuh kebanggaan pada peringatan HUT RI ke-79 nanti.



Editor     :  Ahmad Firdaus



Baca Artikel Lainnya di GOOGLE NEWS