NGOPILOTONG.COM,  - Jakarta, 26 April 2024, Badan Pangan Nasional (Bapanas) mengumumkan bahwa harga telur kemungkinan akan mengalami penurunan seiring dengan berakhirnya peningkatan permintaan setelah perayaan Lebaran. Meskipun demikian, harga telur diharapkan tetap stabil di atas harga acuan yang ditetapkan, mengingat langkah-langkah pemerintah untuk menjaga harga jagung tetap stabil.


Deputi I Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Bapanas, I Gusti Ketut Astawa, menjelaskan bahwa dengan berakhirnya momen Lebaran, permintaan telur diharapkan akan kembali ke tingkat normal. Namun, pemerintah juga sedang berupaya menjaga agar harga jagung tidak mengalami penurunan di tingkat petani.


Menurut Gusti, kebijakan ini berdampak langsung pada harga telur, karena jagung merupakan salah satu komponen utama dalam pakan ayam, yang merupakan penyumbang utama produksi telur. Oleh karena itu, harga telur ayam ras diperkirakan akan bertahan dalam kisaran Rp28 ribu hingga Rp29 ribu per kilogram, sedangkan Harga Acuan Penjualan (HAP) telur ayam tetap stabil di Rp27 ribu per kilogram.


Meskipun saat ini harga telur ayam ras masih berada di kisaran Rp30.679 per kilogram, menurut Bapanas, harga tersebut masih dalam batas wajar. Sebelumnya, harga telur sempat turun di bawah harga acuan, namun saat ini diperkirakan akan mengalami sedikit kenaikan dengan stabilisasi harga jagung.




Editor     :  Ahmad Firdaus



Baca Artikel Lainnya di GOOGLE NEWS