NGOPILOTONG.COM,  -  Dalam sebuah penelitian terbaru yang melibatkan lebih dari 100.000 peserta, ditemukan bahwa minum kopi tanpa pemanis dapat membantu mengurangi berat badan pada orang dewasa. Penelitian ini dipublikasikan di The American Journal of Clinical Nutrition dan menunjukkan bahwa minum kopi tanpa pemanis, termasuk kopi tanpa kafein, terkait dengan penurunan berat badan selama periode empat tahun.


Peserta dalam tiga kelompok kohort mengalami peningkatan berat badan rata-rata 0,8, 1,2, dan 1,7 kilogram. Namun, minum kopi tanpa pemanis secara teratur dikaitkan dengan penurunan penambahan berat badan sekitar 0,12 kilogram. Di sisi lain, menambahkan satu sendok teh gula ke makanan atau minuman apa pun dikaitkan dengan penambahan berat badan yang sedang.


Penelitian ini juga menemukan bahwa hubungan antara pemanis dan penambahan berat badan lebih jelas pada peserta yang kelebihan berat badan atau obesitas, serta peserta yang lebih muda. Namun, menambahkan krimer susu atau "pemutih" non-susu ke dalam kopi sehari-hari tidak berhubungan dengan perubahan berat badan.


Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari tiga studi yang berbeda, yaitu Studi Kesehatan Perawat, Studi Kesehatan Perawat II, dan Studi Lanjutan Profesional Kesehatan. Para penulis penelitian, yang semuanya berafiliasi dengan TH Chan School of Public Health di Universitas Harvard, menjelaskan bahwa tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperjelas hubungan antara penambahan kopi umum seperti pemanis gula dan krimer terhadap perubahan berat badan.


Sebuah penelitian besar tahun lalu juga menemukan bahwa minum kopi, bahkan kopi dengan pemanis sedang, dapat dikaitkan dengan penurunan risiko kematian akibat berbagai penyebab. Ini berarti bahwa peminum kopi memiliki kemungkinan lebih rendah untuk meninggal dalam jangka waktu penelitian tersebut.



KAMPANYE & PROMO DIGITAL HUBUNGI