NGOPILOTONG.COM,  -  Timnas U-23 Indonesia berhasil menegaskan posisinya di babak semifinal Piala Asia U-23 2024 setelah melalui pertandingan dramatis melawan Korea Selatan. Pertandingan yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa pada Jumat dini hari (26/4/2024) ini menyaksikan Garuda Muda berhasil mengalahkan lawan-lawannya dalam adu penalti dengan skor akhir 11-10, setelah bermain imbang 2-2 selama waktu regulasi.


Meskipun dikejutkan dengan gol cepat oleh Korea Selatan di menit kedelapan, wasit kemudian membatalkan gol tersebut karena adanya pemain Korsel yang berada dalam posisi offside saat terjadinya gol. Indonesia kemudian berhasil membalas dengan gol Rafael Struick di menit ke-15, membawa skor menjadi 1-0. Namun, Korea Selatan berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di menit ke-44, meskipun Garuda Muda kembali memimpin 2-1 di menit ke-48 melalui gol Struick.


 

Pertandingan semakin menegangkan ketika Korea Selatan harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-70 karena Hwang Sun-hong mendapat kartu merah. Namun, Korsel berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 di menit ke-84. Setelah 120 menit pertandingan berakhir tanpa adanya gol tambahan, pemenang ditentukan melalui adu penalti.


Dalam adu penalti yang sangat tegang, Timnas Indonesia berhasil unggul setelah 11 dari 12 eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Dua pemain Korea Selatan gagal dalam eksekusinya, sehingga Garuda Muda memastikan diri melangkah ke babak semifinal.


Keberhasilan ini tidak hanya mengamankan posisi Indonesia di babak semifinal Piala Asia U-23 2024, tetapi juga menandai pencapaian sejarah baru bagi tim ini. Selain itu, kemenangan ini juga membuka peluang bagi Timnas U-23 Indonesia untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024.


 

Di babak semifinal nanti, Indonesia akan berhadapan dengan pemenang antara Uzbekistan dan Arab Saudi, yang pertandingannya akan dilangsungkan pada Jumat malam waktu Qatar.


Susunan Pemain:

Timnas Indonesia: Ernando Ari, Komang Teguh (Muhammad Ferarri 46'), Rizky Ridho, dan Justin Hubner, Pratama Arhan, Ivar Jenner, Nathan Tjoe-A-On, Rio Fahmi (Fajar Fathur Rahman 65'), Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Rafael Struick.


Timnas Korea Selatan: Baek Jong-Beom, Byeon Jun-Soo, Lee Kang-Hee, Cho Hyun-Taek, Hwang Jae-Won, Kim Dong-Jin (Lee Young-Jun 46'), Paik Sang-Hoon, Lee Tae-Seok (Kang Sang-Yoon 46'), Hong Si-Hoo (Jeong Sang-Bin 46), Kang Seong-Jin (Jang Si-Young 80'), Eom Ji-Sung (Hong Yun-Sang 75').




Editor     :  Ahmad Firdaus



Baca Artikel Lainnya di GOOGLE NEWS