NGOPILOTONG.COM,  -  Lebaran, salah satu momen paling dinanti-nantikan oleh umat Muslim, sebentar lagi akan tiba. Namun, mungkin masih ada yang bertanya-tanya, pada tanggal berapa sebenarnya Lebaran tahun ini? Berikut adalah pandangan dari Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama (NU), dan pemerintah Indonesia terkait penentuan tanggal Lebaran tahun 2024.


Pada tahun 2024, pimpinan pusat Muhammadiyah telah menetapkan bahwa 1 Syawal 1445 Hijriah, yang merupakan hari raya Idul Fitri, akan jatuh pada hari Rabu, 10 April 2024. Penetapan ini dilakukan dengan menggunakan metode hisab hakiki wujudul hilal untuk menetapkan permulaan bulan hijriah.


Sementara itu, NU belum menetapkan secara resmi tanggal 1 Syawal atau Idul Fitri 2024. Namun, jika merujuk pada kedudukan hilal di Indonesia, NU kemungkinan besar akan menetapkan bahwa Idul Fitri 2024 juga jatuh pada Rabu, 10 April 2024. Keputusan resmi NU masih menunggu hasil rukyatul hilal atau pengamatan hilal di beberapa titik pada tanggal 9 April 2024.


Pemerintah Indonesia juga belum menetapkan secara resmi tanggal 1 Syawal 1445 Hijriah. Namun, wakil menteri agama, Saiful Rahmat Dasuki, memprediksi bahwa Idul Fitri 2024 kemungkinan akan jatuh pada hari Rabu, 10 April 2024. Namun, prediksi ini masih perlu dipastikan melalui sidang isbat yang akan diselenggarakan pada tanggal 9 April 2024.


Dengan demikian, Lebaran Idul Fitri tahun 2024 diprediksi akan dilaksanakan secara serentak oleh umat Muslim di Indonesia. Bagi semua umat Muslim, mari kita bersabar menanti penentuan resmi tanggal Lebaran tahun ini, dan semoga kita dapat menjalankan ibadah dengan penuh keberkahan.


Tetaplah mengikuti perkembangan dan pengumuman resmi terkait tanggal Lebaran tahun 2024 untuk memastikan persiapan yang tepat dan menyambut hari kemenangan dengan penuh kegembiraan.



Penulis   :  Muammar

Editor     :  Ahmad Firdaus


Baca Artikel Lainnya di GOOGLE NEWS