NGOPILOTONG.COM,  -  BPBD Kabupaten Minahasa Utara mencatat bahwa sebanyak 272 Kepala Keluarga (KK) di Pulau Tagulandang telah mengungsi akibat erupsi Gunung Ruang. Evakuasi tersebut melibatkan total 838 jiwa dari berbagai daerah, terutama Desa Laingpatehi dengan 166 KK (506 jiwa) dan Desa Pumpente dengan 106 KK (332 jiwa).


Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, mengungkapkan bahwa evakuasi terutama dilakukan di sisi barat Pulau Tagulandang yang berhadapan langsung dengan Pulau Ruang. Pendataan oleh pemerintah daerah masih berlangsung, dengan jumlah sementara mencapai 6.045 jiwa, termasuk dari Kelurahan Bahoi dan Kelurahan Balehumara.


Abdul juga menyatakan bahwa akibat erupsi eksplosif, jaringan listrik dan komunikasi terganggu di Kampung Laing Patehi di Pulau Ruang. Di Desa Lumbo di Pulau Tagulandang, kondisi jaringan komunikasi juga tidak optimal. Abu vulkanik dari Gunung Ruang terpantau hingga Kabupaten Minahasa Utara, mengganggu sejumlah wilayah kecamatan termasuk Likupang Barat, Wori, Likupang Timur, dan Likupang Selatan.


BPBD Kabupaten Minahasa Utara mengimbau warga untuk menggunakan masker dan tetap tenang, serta tidak menyebarkan informasi palsu. Pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) telah mengaktifkan pos komando di Desa Apengsala, yang berjarak 15 km dari Gunung Ruang.


Erupsi Gunung Ruang juga berdampak pada sektor penerbangan, dengan notifikasi penutupan operasional Bandara Internasional Sam Ratulangi di Kota Manado. Bandara tersebut, yang berjarak sekitar 95 km dari Gunung Ruang, masih ditutup sementara waktu oleh otoritas bandara. BNPB memantau penutupan bandara yang diperpanjang hingga Jumat (19/4/2024) pukul 06.00-18.00 Wita.


Berdasarkan informasi dari dasbor sistem pemantauan gunung api, Gunung Ruang terlihat tertutup kabut. Asap kawah utama teramati berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal tinggi, mencapai sekitar 50-100 meter dari puncak gunung. PVMBG juga menetapkan status Gunung Ruang pada level IV, level tertinggi dalam skala penilaian status gunung berapi.




Editor     : Zumardi




Baca Artikel Lainnya di GOOGLE NEWS