Rudianto Lallo dan Taufan Pawe


NGOPILOTONG.COM,  -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia telah menyelesaikan proses rekapitulasi suara di 84 daerah pemilihan (dapil). Total suara sah yang tercatat mencapai angka besar, mencapai 151.796.630 suara. Namun, sorotan utama jatuh pada perolehan suara Partai Persatuan Pembangunan (PPP), yang merupakan partai politik petahana. Angka perolehan suaranya hanya sebesar 3,87%, tidak memenuhi ambang batas minimal parlemen sebesar 4%.


Dengan hasil ini, PPP dipastikan tidak akan mendapatkan kursi di parlemen untuk periode 2024-2029. Sebaliknya, PDI Perjuangan keluar sebagai pemenang dengan memperoleh 16,72% suara.


Dalam rapat pleno KPU, kursi DPR RI dari PPP di Dapil Sulsel 1, yang saat ini dipegang oleh HM. Amir Uskara, akan dicabut. Kursi ke-8 di dapil tersebut, yang meliputi Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, dan Selayar, akan ditempati oleh kursi kedua dari Partai NasDem, yaitu Rudianto Lallo, yang berhasil meraih 97.523 suara pada Pemilihan Legislatif (Pileg).


Perolehan kursi NasDem bertambah dari sebelumnya hanya 4 kursi menjadi 5 kursi untuk DPR-RI. Di Dapil 1, NasDem meraih dua kursi, yaitu Fatmawati Rusdi dan Rudianto Lallo. Di Dapil 2, Teguh Iswara Suardi, dan di Dapil 3, dua kursi ditempati oleh Rusdi Masse dan Eva Stevany Rataba.


Sementara itu, kursi PPP di Dapil Sulsel 2, yang sebelumnya diraih oleh H. Muhammad Aras, juga akan dicabut. Kursi ke-9 dari Partai Golkar akan diisi oleh HM. Taufan Pawe, yang berhasil meraih 57.955 suara. Hal ini menandai pergeseran dinamika politik di Sulawesi Selatan pasca-Pemilu 2024.



Baca Artikel Lainnya di GOOGLE NEWS