NGOPILOTONG.COM,  -  Di antara ragam kuliner populer adalah racikan nasi kuning, merupakan jenis rincihan khas setiap daerah di Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Penyajiannya berbeda-beda. Nasi kuning kerap muncul dalam bentuk kerucut, namun ada pula dibentuk kotak bertingkat. Lauk sebagai pendamping nasi kuning juga beragam. Ada taburan mie goreng, tempe kering, perkedel, telur dadar iris, sambal goreng ati, ayam kecap, rendang, abon, ikan cakalang, dan banyak lagi lainnya.


"Nasi Kuning identik dengan perayaan budaya dan atau keagamaan di Nusantara."


Kehadiran nasi kuning erat kaitannya dengan simbol perayaan. Biasanya dihadirkan ketika hari ulang tahun, peresmian kantor, pesta pernikahan, atau pun upacara pembukaan festival. Nasi kuning tidak perlu disajikan dengan menunggu adanya acara tertentu. Kita juga bisa menyajikan nasi kuning di hari biasa. Semua keluarga jelas akan menyukai kejutan kecil nasi kuning.


Nasi Kuning Manado di Provinsi Sulawesi Utara 

Nasi Kuning Manado - nasinya di masak dengan aneka rempah dan bumbu, seperti: serai, daun pandan, daun jeruk, hingga kunyit. Diolah menggunakan santan sehingga rasanya begitu gurih dan bikin ketagihan di Kota Manado. Ciri khas dan keunikan dari nasi kuning tersebut adalah lauknya-----karena disajikan dengan ikan cakalang dan sambal sangat pedas. Selain itu, ada juga semur daging, telur rebus, ikan kering, talas, dan taburan bawang merah goreng. Cara penyajian nasi kuning Manado, lazim disajikan dalam "daun woka ----- yakni: permukaan mulus, licin dan anti lengket, juga biasa digunakan untuk membungkus dodol."


Nasi Kuning Gorontalo di Provinsi Gorontalo

Nasi Kuning Gorontalo - hadir dengan warna kuning terang, aroma semerbak, karena mempunyai racikan bumbu dan lauk terbilang unik dalam penyajiannya. Nasi Kuning Gorontalo, dengan semangkuk sup-----berisi suun, suwiran ayam, dan telur rebus. Juga lauk seperti ayam rica, hingga telur dadar, dan rebus. 


Nasi Kuning Banjar di Provinsi Kalimantan Selatan 

Nasi Kuning Banjar - tampak daun pandan ditambahkan saat memasak nasi, sehingga membuat aroma nasi kuningnya begitu harum. Uniknya dari nasi kuning disajikan dengan lauk berbumbu merah kerap-----disebut "Masak Habang" dibungkus dengan daun pisang bersama lauk ikan sungai, daging sapi, ayam, ikan, maupun telur. 


Nasi Kuning Solo di Provinsi Jawa Tengah 

Nasi Kuning Solo - memiliki keunikan lauk, seperti: opor ayam, bakmi goreng, tempe kering, perkedel, dan telur. Cara memasaknya pun tidak jauh beda dengan daerah lainnya, karena memakai santan, aneka rempah, sehingga mempunyai aroma wangi dan rasa pun gurih. 


Nasi Kuning Makassar di Provinsi Sulawesi Selatan 

Nasi Kuning Makassar - memiliki ragam lauk sungguh komplit, yaitu: telur pindang, paru goreng, dendeng sapi, abon sapi, ikan cakalang, kentang goreng, sayur nangka, dan sayur labu siam. 


Nasi Kuning Sunda di Provinsi Jawa Barat

Nasi Kuning Sunda - lauk disajikan dalam bentuk semur daging sapi, irisan telur dadar, telur balado, orek tempe, tahu kuah, kacang, bawang goreng, serta jengkol. Nasi kuningnya pun dilengkapi dengan kerupuk, dan gorengan hangat, sehingga cita rasa nasi kuning semakin diminati. 


Nasi Kuning Sinjai di Provinsi Sulawesi Selatan 

Nasi Kuning Sinjai - dilengkapi berbagai macam lauk, yaitu: Telur dadar, Ikan bolu goreng, Sambal Belacang/ Ebi, Bajabu/ Serundeng, Mi Goreng, Udang goreng, Sayur Tumis, dan Sambal Teri Kacang, serta Sambal Tumis.


Nasi kuning akan terasa kurang, kalau kita menikmatinya tanpa ada lauk, seperti perkedel kentang, telur goreng, hingga sambal goreng tempe. Segala lauk pelengkap itulah-----membuat rasa nasi kuning makin enak saat lidah bergoyang menghayati sarapan pagi. 


Catatan :

"N K R I  - singkatan plesetan: Nasi Kuning Republik Indonesia."



KAMPANYE & PROMO DIGITAL HUBUNGI