NGOPILOTONG.COM,  -  Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah kepada individu yang telah lulus uji kemampuan mengemudi dan memenuhi persyaratan lainnya untuk dapat mengemudikan kendaraan bermotor di jalan raya. SIM umumnya berlaku untuk jangka waktu tertentu, dan pemegang SIM harus memperbarui dokumen tersebut setelah masa berlakunya habis.


Proses untuk mendapatkan SIM meliputi pendaftaran, uji teori, uji praktek, dan pemeriksaan kesehatan. Terdapat beberapa jenis SIM, antara lain SIM A untuk kendaraan roda empat, SIM B1 untuk kendaraan roda dua, dan SIM C untuk kendaraan roda tiga.


SIM merupakan dokumen penting yang harus dimiliki oleh setiap individu yang ingin mengemudikan kendaraan bermotor. Tanpa SIM, seseorang tidak diizinkan untuk mengemudikan kendaraan di jalan raya dan dapat dikenakan sanksi hukum. Oleh karena itu, memiliki SIM yang valid dan mematuhi aturan lalu lintas adalah hal yang sangat penting dalam berkendara.


Lalu, Siapa pemilik Surat Ijin Mengemudi (SIM) yang paling pertama di negeri ini? Orang tersebut adalah John Charles Matthew Potter. Pria berkewarganegaraan Inggris yang bekerja sebagai teknisi mesin pabrik gula di Hindia Belanda. Dia sebelumnya juga pernah bekerja sebagai masinis di pabrik gula Oemboel, dekat Probolinggo, Jawa Timur.


Potter memesan langsung sepeda motor tersebut ke pabriknya, Hildebrand und Wolfmuller, di Muenchen, Jerman pada tahun 1893. Potter satu-satunya orang yang menggunakan kendaraan bermotor di Hindia Belanda saat itu.


Untuk dapat dikendarai di jalan raya di Surabaya, Potter harus mengajukan ijin kepada Pemerintah Hindia Belanda terlebih dahulu. Pemerintah baru memberikan ijin pada tanggal 1 Januari 1900, setelah memastikan bahwa kuda-kuda atau sapi yang menjadi penggerak kendaraan saat itu tidak takut atas keberadaan kendaraan bermesin berisik ini. Selanjutnya, kebijakan ini berlaku bagi semua warga negara yang memiliki kendaraan bermotor, hingga Hindia Belanda berubah menjadi Indonesia.


Dan dari pengalamannya mengurusi impor mesin-mesin pabrik dan sepeda motor, Potter mendirikan perusahaan Protle & Co yang terletak di Pasar Besar, Surabaya. Tahukah Anda mobil pertama yang diimpornya yang menjadi mobil pertama di Hindia Belanda dan siapa pemesannya? Tulis di kolom komentar jika Anda tahu.



KAMPANYE & PROMO DIGITAL HUBUNGI