Iklan

RIZQ
Minggu, 11 September 2022, September 11, 2022 WIB
Last Updated 2024-03-08T07:57:42Z
GAYA HIDUPKOPI PAGI

Sebuah Studi tentang, Efek Samping menikmati Kopi terlalu Pagi



NGOPILOTONG.COM   -   Pada Kebanyakan orang mempunyai anggapan  bahwa kopi baik untuk dikonsumsi pada pagi hari. Namun, satu penelitian menunjukkan bahwa pagi hari sebenarnya bukan waktu terbaik untuk minum secangkir kopi pertama sebelum menjalani rutinitas. 

Sebuah studi oleh para peneliti dari University of Bath menemukan bahwa minum kopi sebelum makan pagi dapat memiliki efek negatif pada kontrol gula darah. Ini bisa menjadi faktor risiko diabetes dan penyakit jantung. “Kita tahu bahwa hampir separuh dari kita akan bangun di pagi hari dan, sebelum kita melakukan hal lain, kita harus minum kopi terlebih dahulu. 

Secara intuitif, semakin lelah yang kita rasakan, semakin kuat kopinya," kata peneliti Profesor James Bett dalam sebuah pernyataan. Sebagai bagian dari penelitian, peserta pria dan wanita tidur sejak jam 11 malam, pada pukul 07.00 dan mereka diminta untuk mengonsumsi minuman manis saat bangun tidur.

Dilansir dari CNN, minuman tersebut mengandung jumlah kalori yang sama dengan sarapan biasa. Dalam percobaan lain, mereka mengalami gangguan tidur malam dan dibangunkan setiap jam oleh pesan teks yang harus mereka tanggapi. Mereka kemudian diminta untuk mengonsumsi minuman manis yang sama saat bangun tidur. Pada percobaan ketiga, partisipan mengalami gangguan tidur yang sama, namun diberi kopi hitam pekat 30 menit sebelum mengonsumsi minuman manis. 


Manfaat Kopi : Menghindarkan Stres dan Depresi

Para peneliti menemukan bahwa pada partisipan dengan gangguan tidur atau tidak tidur, glukosa darah dan respon insulin partisipan tidak memburuk. Namun, kopi hitam yang dikonsumsi sebelum sarapan dengan minuman manis meningkatkan respons glikemik sekitar 50%. 

CNN mengatakan itu menunjukkan bahwa minum kopi untuk mencegah kantuk di siang hari dapat membatasi kemampuan tubuh untuk mentolerir gula saat sarapan. “Kebanyakan sarapan tinggi karbohidrat (seringkali gula). Jika kita makan sarapan rendah karbohidrat atau rendah gula, pasti akan mengurangi (atau bahkan menghilangkan) lonjakan glukosa darah setelah makan, ”kata Bett.

 Menurutnya, waktu terbaik untuk minum kopi bukanlah satu jam sebelum sarapan tinggi karbohidrat. Untuk pecandu kafein dan karbohidrat di pagi hari, dia menyarankan untuk membuat rutinitas pagi yang baru.


DAPATKAN UPDATE BERITA VIA NGOPILOTONG.COM, FOLLOW FACEBOOK KAMI

BAGI ANDA PECINTA KULINER RAHASIA KULINER ADALAH SOLUSINYA