NGOPILOTONG.COM,  - Telkomsat dan Starlink resmi menandatangani perjanjian kerja sama untuk menyediakan layanan segmen enterprise di berbagai wilayah Indonesia pada Kamis, 15 Mei 2024. Penandatanganan ini dilakukan oleh Direktur Utama Telkomsat, Lukman Hakim Abd. Rauf, dan VP Starlink Commercial Sales.


Kerja sama ini memungkinkan Telkomsat menawarkan layanan bisnis berbasis Starlink yang kompetitif, setara dengan paket bisnis yang ditawarkan di situs web Starlink. "Kerja sama ini semakin mengukuhkan posisi Telkomsat sebagai mitra strategis utama Starlink di Indonesia," ujar Lukman Hakim Abd. Rauf. Sejak tahun 2021, Telkomsat telah bekerja sama dengan Starlink dan telah menggelar layanan backhaul Starlink sejak tahun 2022 menggunakan hak labuh yang diberikan oleh pemerintah.




"Infrastruktur backhaul yang digelar oleh Telkomsat ini mampu memberikan layanan konektivitas satelit berkualitas sambil menjamin kedaulatan dan keamanan data nasional," tambah Lukman. 


Ahmad Reza, SVP Corporate dan Communication Telkom, menjelaskan bahwa kolaborasi ini menunjukkan komitmen Telkomsat dan Starlink dalam mendukung program pemerintah untuk mempercepat pemerataan konektivitas di seluruh wilayah Indonesia, khususnya di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar).


Selain layanan Starlink, Telkomsat baru-baru ini berhasil meluncurkan dan mengoperasikan Satelit Merah Putih 2 pada awal tahun ini. Langkah ini menegaskan keseriusan Telkomsat dalam meningkatkan kapasitas konektivitas di wilayah yang belum terlayani oleh konektivitas terestrial dan seluler (unserved) maupun di wilayah yang konektivitasnya belum memadai.




Editor     :  Ahmad Firdaus




Baca Artikel Lainnya di GOOGLE NEWS

Support   : SOCIABUZZ  SAWERIA