NGOPILOTONG.COM,  -  Jakarta, 21 Mei 2024 – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, menyatakan optimisme terhadap penampilan Timnas U23 Indonesia di Piala AFF 2024. Pernyataan ini disampaikan Menpora setelah pengundian grup Piala AFF (ASEAN Championship Mitsubishi Electric Cup 2024).


Menpora mengakui bahwa Vietnam adalah tim kuat yang perlu diwaspadai Indonesia. Namun, tiga kemenangan beruntun atas The Golden Star menjadi alasan kuat bagi keyakinannya terhadap Pasukan Garuda.


“Kita tidak ingin memberi tekanan, tetapi saya yakin dengan pengalaman di AFC (Piala Asia). Menang tidak hanya melawan Vietnam, bahkan Korea Selatan pun berhasil dikalahkan,” ujar Dito, Selasa (21/5/2024).


Dito menambahkan bahwa pengalaman menghadapi tim-tim besar di Piala Asia dan Piala Asia U-23 akan sangat berguna bagi Timnas Indonesia. Menpora juga menilai bahwa keberadaan pemain U-23 dalam skuad senior merupakan keuntungan tambahan bagi tim.


“Saya rasa pemain-pemain kita sudah memiliki pengalaman dan cara untuk menghadapi lawan-lawan. Jadi, saya optimis mereka akan tampil baik,” tambahnya.


Timnas Indonesia telah mencatat hasil positif dalam tiga pertemuan terakhir melawan Vietnam, termasuk satu kemenangan di penyisihan Grup D Piala Asia 2023 dan dua kemenangan di kualifikasi Piala Dunia 2026.


Hasil drawing Piala AFF 2024 menempatkan Timnas Indonesia di Grup B bersama Vietnam, Filipina, Myanmar, dan Laos. Sementara itu, Grup A terdiri dari Thailand, Malaysia, Singapura, dan Kamboja. Satu tempat lagi di Grup A akan diperebutkan antara Brunei Darussalam dan Timor Leste.


Piala AFF 2024 dijadwalkan berlangsung dari 23 November hingga 21 Desember 2024. Pada bulan September, Brunei Darussalam dan Timor Leste akan memainkan dua laga kualifikasi untuk memperebutkan tempat di Grup A.




Editor     :  Zumardi




Baca Artikel Lainnya di GOOGLE NEWS

Support   : SOCIABUZZ  SAWERIA