NGOPILOTONG.COM,  -  Ketua DPR RI, Puan Maharani, menyuarakan dukungan untuk mencapai gencatan senjata permanen di Gaza, Palestina. Pernyataan ini dia sampaikan melalui anggota parlemen dari MIKTA (Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, dan Australia).


"Saya mendorong MIKTA untuk berperan sebagai kekuatan positif dalam menyelesaikan berbagai krisis global, termasuk krisis di Palestina, Ukraina, dan perubahan iklim," kata Puan dalam pernyataannya yang dikutip pada hari Selasa (7/5/2024).


Menurut Puan, MIKTA sebagai negara-negara middle power seharusnya turut mendesak untuk mencapai gencatan senjata permanen, terutama antara militer Israel dan kelompok Hamas di Gaza.


Puan menekankan bahwa krisis di Gaza dapat berdampak besar pada stabilitas global jika tidak segera ditangani bersama. Dia menyoroti pentingnya kemanusiaan dan mendesak untuk segera memulai gencatan senjata permanen di Gaza dengan memanfaatkan pengaruh kolektif MIKTA.


Dia menambahkan bahwa gencatan senjata perang di Gaza harus dilakukan dengan segera, mengingat jumlah korban yang terus meningkat akibat serangan Israel, termasuk banyaknya perempuan dan anak-anak yang menjadi korban.


Puan juga menekankan perlunya perubahan paradigma dari fokus pada "memenangkan perang" menjadi "memenangkan perdamaian". Dia menyerukan keterlibatan parlemen dalam menangani akar masalah konflik, termasuk ketidakadilan dan ketimpangan.


Dia menegaskan pentingnya diplomasi parlemen dalam menjaga kedaulatan dan integritas teritorial setiap negara. Puan juga mengajak parlemen negara-negara MIKTA untuk bersama-sama menjadi pilar utama dalam membangun perdamaian dan stabilitas global.




Editor     :  Ahmad Firdaus




Baca Artikel Lainnya di GOOGLE NEWS

Support   : SOCIABUZZ  SAWERIA