NGOPILOTONG.COM,  -  Gunung Semeru di Jawa Timur meletus pada pukul 05.40 WIB, yang mengakibatkan peningkatan level siaga menjadi Level III. Menurut informasi dari akun resmi @PVMBG, kolom letusan mencapai ketinggian sekitar 600 meter dari puncak gunung. Data seismograf menunjukkan amplitudo maksimum mencapai 18 mm dan durasi letusan selama 120 detik. Sabtu (13/4/2024).


Petugas dari Pos Pengamatan Gunung Semeru, Liswanto AP, mengimbau masyarakat untuk tidak mendekati puncak gunung, terutama di sektor tenggara sepanjang Besuk Kobokan dalam radius 13 kilometer dari puncak. 


Masyarakat juga diminta untuk tidak beraktivitas dalam radius 500 meter tepi sungai sepanjang Besuk Kobokan, karena berpotensi terkena awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 kilometer dari puncak.


Liswanto juga mengingatkan agar masyarakat tidak berada dalam radius 5 kilometer dari puncak gunung karena rawan terkena bahaya lontaran batu, termasuk batu pijar. 


Dia menekankan waspada terhadap potensi awan panas, Gunung Semeru di Jawa Timur meletus pada pukul 05.40 WIB, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di Gunung Semeru, terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat, serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil.



Editor     : Zumardi



Baca Artikel Lainnya di GOOGLE NEWS