NGOPILOTONG.COM,  -  Dalam langkah yang mengejutkan, Apple telah memutuskan untuk memblokir dua platform Meta, yaitu WhatsApp dan Threads, dari toko aplikasi App Store di China. Keputusan ini didasarkan pada perintah langsung dari pemerintah China yang merujuk pada alasan keamanan nasional. (19/04)


Meskipun platform Meta lainnya seperti Facebook, Instagram, dan Messenger masih tetap tersedia di App Store China, WhatsApp dan Threads telah dihapus. Selain itu, beberapa aplikasi populer lain seperti YouTube dan X masih bisa diunduh oleh masyarakat setempat.


Pemerintah China, melalui lembaga cber China, menyatakan bahwa penghapusan WhatsApp dan Threads dilakukan karena kekhawatiran terhadap keamanan nasional. Apple sebagai perusahaan yang beroperasi di China mengklaim bahwa mereka wajib mematuhi aturan yang berlaku di negara tersebut, meskipun mereka tidak sepenuhnya setuju dengan keputusan tersebut.


Apple menyatakan bahwa WhatsApp dan Threads masih tetap tersedia di App Store, namun tidak dapat diakses di China. Masyarakat China hanya dapat mengunduh aplikasi tersebut ketika berada di negara lain dengan akun iCloud yang terdaftar di negara tersebut.


Sementara itu, Meta menolak untuk memberikan komentar mengenai langkah ini, begitu pula lembaga cber China yang belum memberikan respons lebih lanjut.


Keputusan Apple ini menunjukkan kompleksitas aturan dan regulasi yang harus dihadapi perusahaan teknologi besar dalam beroperasi di berbagai negara, terutama dalam hal yang berkaitan dengan keamanan dan regulasi pemerintah setempat.



Editor     :  Ahmad Firdaus



Baca Artikel Lainnya di GOOGLE NEWS