Zainal Mustamin, Direktur Bina Kantor Urusan Agama (KUA) dan Keluarga Sakinah


NGOPILOTONG.COM,  -  Kementerian Agama (Kemenag) telah mempersiapkan ribuan fasilitator profesional untuk melaksanakan tugas Bimbingan Perkawinan (Bimwin) sebelum upacara pernikahan. Zainal Mustamin, Direktur Bina Kantor Urusan Agama (KUA) dan Keluarga Sakinah, menyatakan bahwa langkah ini bertujuan untuk mencapai target peningkatan ketahanan keluarga.


"Ditjen Bimas Islam menetapkan sasaran peningkatan ketahanan keluarga setiap tahun. Dengan peningkatan ketahanan keluarga, masalah-masalah seperti stunting, perceraian, KDRT, dan perkawinan usia dini diharapkan akan mengalami penurunan," ungkap Zainal dalam pernyataan resmi yang dikeluarkan pada Minggu (313/2024).


Agus Suryo Suripto, Kasubdit Bina Keluarga Sakinah, menjelaskan bahwa layanan Bimwin akan dijadwalkan bagi calon pengantin di KUA. Dia menekankan bahwa layanan ini akan disediakan secara gratis bagi calon pengantin.


"Sasaran kami adalah memiliki 3.700 fasilitator Bimwin pada tahun 2024. Ini merupakan bagian dari upaya Kemenag untuk meningkatkan kualitas pernikahan dan ketahanan keluarga di Indonesia," ujar Suryo.


Suryo juga menjelaskan bahwa Kemenag akan berkolaborasi dengan Pusat Diklat (Pusdiklat) untuk melatih fasilitator Bimwin. Pusdiklat memiliki kapasitas untuk melatih fasilitator dalam jumlah besar.


"Fasilitator akan diberikan pengetahuan awal tentang esensi perkawinan, manajemen dinamika keluarga, dan cara mengatasi konflik keluarga. Materi tersebut akan disampaikan secara daring terlebih dahulu, sehingga diharapkan para fasilitator sudah memiliki pemahaman dasar ketika mengikuti pelatihan tatap muka," tambah Suryo.


Sumber : Kemenag RI.


Penulis   :  Zulfi

Editor     :  Zumardi


Baca Artikel Lainnya di GOOGLE NEWS