NGOPILOTONG.COM,  -  Dalam dunia perkopian, istilah penikmat dan peminum kopi sering kali terdengar. Meskipun pada pandangan awal tampaknya tidak ada perbedaan yang signifikan di antara keduanya, namun bagi para pecinta kopi, kedua istilah tersebut memiliki perbedaan yang mendasar. Menurut Pranoto Soenarto, Wakil Ketua Umum AEKI bidang spesialti dalam industri kopi, "saat mengkonsumsi kopi, ada yang namanya peminum dan penikmat. Walaupun kedengarannya sama, namun mempunyai arti yang berbeda."


Peminum kopi cenderung hanya mengkonsumsi kopi tanpa memperdulikan asal dan cara pembuatannya. Sementara penikmat kopi, selain menikmati kopi, mereka juga memberikan perhatian serta memiliki pengetahuan dasar bahkan mendalam tentang kopi dan kebiasaan mereka dengan kopi.


Peminum kopi lebih memilih hal yang praktis, seperti kopi yang sudah digiling atau instan. Di sisi lain, penikmat kopi cenderung memilih kopi yang masih fresh, meskipun memerlukan lebih banyak persiapan.


Seorang peminum kopi hanya menikmati kopi saat ingin saja atau pada saat ada waktu luang, sedangkan seorang penikmat kopi menjadikan kopi sebagai ritual tersendiri atau dapat dikatakan, intensitas waktunya lebih banyak.


Peminum kopi dapat menikmati kopi dalam berbagai bentuk, bahkan tidak jarang peminum kopi yang mau menikmati kopi dalam bentuk instan atau sachetan. Sedangkan penikmat kopi lebih mencari rasa asli dari kopi atau bahkan sering kali tidak menggunakan gula atau campuran lainnya agar cita rasanya tidak akan hilang.


Meskipun terdapat perbedaan di antara penikmat dan peminum kopi, keduanya seharusnya mendapatkan apresiasi. Kegiatan ngopi merupakan cara yang dapat mempererat pertemuan dengan teman dan menambah intensitas hubungan sosial.



KAMPANYE & PROMO DIGITAL HUBUNGI