NGOPILOTONG.COM   -   Ayam Masak Cuka khas Prancis adalah contoh masakan rumahan yang sangat enak dan tak lazim lagi  di Prancis. Sausnya terdiri dari pasta tomat dan Cuka anggur merah, bahan yang memanggang ayam bila dikombinasikan dengan bawang merah, bawang putih, kaldu, dan anggur putih.

Sebagian besar saus selesai dengan krim kocok kental, tetapi versi ini hanya menambahkan beberapa sendok makan mentega. Saya suka memakannya dengan nasi pilaf.

Bahan :

8 (5 hingga 6 ons) paha ayam dengan kulit tulang


1 1/4 sendok teh garam


3/4 sendok teh lada hitam yang baru digiling


1 sendok makan minyak sayur


1 bawang merah besar, cincang


2 siung bawang putih, iris tipis


2 sendok Cuka Anggur Merah


1 cangkir kaldu ayam


1 cangkir anggur putih kering


1/3 cangkir cuka anggur merah, ditambah ekstra untuk bumbu


1 sendok makan pasta tomat


2 sendok makan mentega tawar, dinginkan, potong menjadi 4 bagian


1 sendok makan tarragon segar cincang


Garam dan merica, secukupnya


Cara Membuatnya :

1. Panaskan oven hingga 325 derajat dengan rak oven di tengah. Keringkan ayam dengan handuk kertas dan taburi garam dan merica di kedua sisi. Panaskan minyak dalam wajan Oversafe 12 inci di atas api sedang sampai berwarna cokelat keemasan. Tambahkan ayam ke bagian bawah dan masak tanpa diaduk, sampai kecoklatan, sekitar 8 menit. Balik ayam menggunakan tusuk sate dan kecoklatan sisi lainnya, sekitar 3 menit. Pindahkan ayam ke piring besar.


2. Dalam panci, tuangkan semua kecuali 2 sendok makan minyak. Tambahkan bawang bombay dan bawang putih. Masak, aduk terus, sampai bawang putih hampir keemasan, sekitar 1 1/2 menit. Tambahkan kaldu, anggur dan cuka dan didihkan untuk menghilangkan kecoklatan. Kembalikan ayam ke wajan, kulit menghadap ke atas (kulit di atas cairan). Pindahkan wajan ke oven dan panggang selama 35 sampai 40 menit, sampai ayam mencapai 195 derajat.


3. Dengan menggunakan sikat kue, pindahkan ayam ke mangkuk bersih dan tutup dengan kertas timah. Letakkan panci di atas api besar. Tambahkan pasta tomat ke dalam cairan dan didihkan. Masak, gosok sisi wajan, sampai saus mengental dan berkurang menjadi 1 1/4 cangkir, 5 hingga 7 menit. Matikan api dan tahan bagian menteganya. Tambahkan tarragon dan aduk. untuk merasakan. Bumbui dengan garam dan merica sesuai kebutuhan. Jika perlu, tambahkan 1/4 sendok teh anggur merah sekaligus dan cicipi setelah setiap penambahan. Tuang Cuka Anggur Merah di sekitar ayam dan sajikan.





FOLLOW GOOGLE BUSSINESS DAN BERI ULASAN
FOLLOW NEWSLETTER KAMI
IKUTI KAMI DI TWITTER