NGOPILOTONG.COM   -   Untuk mempercepat penurunan Stunting (gagal tumbuh), maka upaya preventif dan promotif menjadi solusi yang mesti dilakukan semua stakholder. Demikian kata Bupati Indah Putri menegaskan saat membuka kegiatan Identifikasi Audit Kasus Stunting Tahap II yang dilaksanakan DP3AP2KB, Senin, (14/11), di Aula Hotel Bukit Indah, Masamba. 

Bupati Lutra menyampiakan bahwa, "Pemerintah sangat concern pada percepatan penurunan stunting. Targetnya 14% pada tahun 2024. Maka dari itu dan meminta kepada perangkat daerah dan stakeholder lainnya untuk mengubah cara berpikir.

Berdayakan masyarakat untuk mengenal apa itu Stunting, apa penyebabnya, dan bagaimana cara mengatasinya. Pemberian bantuan makanan tambahan sudah mesti dikurangi, karena itu sifatnya hanya stimulan. Yang perlu dimassifkan adalah upaya preventif atau pencegahan dan promotif atau promosi. 

Pendekatan pemerintah mempercepat penurunan stunting, salah satunya adalah pemberdayaan. Karena stunting ini sebagian besar disebabkan karena ketidaktahuan atau pengetahuan gizi yang rendah. Untuk itu, penting melakukan identifikasi masalah dengan baik untuk mendapatkan solusi yang tepat dalam rangka percepatan penurunan stunting.

Kalau kita tidak mengidentifikasi masalah dengan baik, bagaimana mungkin kita bisa mendapatkan solusi yang tepat. Maka, saya juga berharap agar semua stakeholder dapat saling bersinergi satu sama lain melalui kegiatan konvergensi atau penyatuan program untuk mempercepat capaian target 14%.

Bupati Wanita Pertama di Sulsel inipun meminta semua harus tergerak, bergerak, dan menggerakkan. Makanya penting untuk memperkaya literasi dan memperbanyak edukasi kepada masyarakat. Untuk pencegahan, diutamakan promotif dan preventif. Untuk kuratif (penyelesaikan kasus) identifikasi kasus menjadi penting untuk mendapatkan solusi yang tepat. Karena persoalan stunting ini poinnya ada di upaya preventif dan promotif. Ini PR kita bersama sehingga mengatasinya secara bersama pula.

Polanya adalah: untuk preventif: kenali->temukan->tangani untuk kuratif: lacak->jaring->tuntaskan

Salamaki tapada salama, kata Bupati Indah menutup.

#IDP 

#IndahPutriIndriani 

#indahnyalutra 

#LutraBISA #BISA

#BupatiLuwuUtara

#LuwuUtara #sulawesiselatan





FOLLOW GOOGLE BUSSINESS DAN BERI ULASAN
FOLLOW NEWSLETTER KAMI
IKUTI KAMI DI TWITTER