NGOPILOTONG.COM   -   Hari jadi Sulawesi Selatan ke-353 adalah milik seluruh masyarakat Sulawesi Selatan. Untuk itu, penyelenggaraannya akan melibatkan seluruh lapisan masyarakat tanpa menghabiskan biaya mahal namun tetap meriah. Beberapa rangkaian kegiatan pun bakal digelar sepanjang bulan Oktober sampai November 2022.

Pada tanggal 19 Oktober 2022 nanti, Provinsi Sulawesi Selatan memperingati hari hari jadinya yang ke 353 Tahun. Angka 353 pada logo ini menandakan Provinsi Sulawesi Selatan memasuki usia 353 Tahun. 

Logo ini terinspirasi dari kata Sulapa Appa, kata Sulapa Appa jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia berarti empat sisi.

Selain dari itu, logo tahun ini juga menyimpan banyak hal yang menarik dari Sulawesi Selatan. Simak ki’ informasi selengkapnya dalam Filosofi Logo dibawah ini:




Filosofi angka 353 :

Digambarkan dalam bentuk huruf Lontara juga memiliki makna mendalam.
Angka 353 menggambarkan usia Sulsel yang telah mencapai 353 tahun. 

Rangkaian angka yang membentuk sulapa appa dihubungkan oleh empat titik yang menggambarkan ketangguhan dan kekokohan berakar pada kekuatan 4 etnis di Sulsel yakni bugis, makassar, mandar dan toraja. 





Makna Logo :
  • 4 titik ini juga melambangkan 4 tahun kepemimpinan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.
  • Angka 3 pertama dari rangkaian tersebut berbentuk lontara menandakan Geopark  Maros Pangkep yang tahun ini ditetapkan oleh UNESCO sebagai UNESCO Global Geopark (UGGp).
  • Angka 5 merupakan simbol ketangguhan yang terinspirasi dari layar phinisi . Sedangkan angka 3 di akhir rangkaian adalah gestur atau karakter penari adat ketika menyambut tamu terhormat yang menggambarkan ragam budaya yang dimiliki Sulsel.
  • Sementara tulisan Sulawesi Selatan dari huruf Lontara dengan titik berwarna merah dan orange menggambarkan daerah Sulawesi Selatan yang optimis dan percaya diri sebagai daerah yang mandiri dan penopang sejumlah provinsi lain di Indonesia.

#sulselprov #hutsulsel #sulawesiselatan





FOLLOW FACEBOOK KAMI

BAGI ANDA PECINTA KULINER

RAHASIA KULINER ADALAH SOLUSINYA