NGOPILOTONG.COM   -   Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa terus menggairahkan industri pengolahan porang dengan harapan bisa menjamin kesejahteraan petani di Kabupaten Sinjai. Bahkan upaya Pemerintah Daerah melalui Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan terus menggenjot nilai produksi tanaman Porang tersebut tujuannya untuk menambah nilai ekspor pertanian sebagai sektor andalan pertumbuhan ekonomi di Bumi Panrita Kitta. 




Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Bekerjasama dengan Balai Karantina Pertanian Makassar akan melaksanakan bimbingan teknis terkait pengembangan produksi tanaman Porang. Hal itu di bahas antara Bupati Sinjai dengan perwakilan balai, Hendry Nuryanto di rujab Bupati, Senin (17/10/2022).


Balai Karantina Pertanian Makassar merupakan kantor dibawah naungan Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) berkedudukan di Makassar.


Hendry Nuryanto mengatakan bahwa kedatangannya untuk menyampaikan rencana pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) dalam rangka meningkatkan produksi tanaman porang.




"Sinjai merupakan salah satu daerah yang punya potensi besar dalam pengembangan tanaman porang tersebut. Makanya kita berencana akan memberikan bekal ilmu kepada para petani untuk lebih dalam membahas masalah pengembangan tanaman Porang. Insya Allah tanggal 20 Oktober ini kami akan lakukan Bimtek untuk para penyuluh pertanian dan petani porang di Sinjai," ungkap Hendry usai bertemu bupati.


Tanaman porang saat ini lanjut Hendry, mengalami peningkatan ekspor ke Negara Tiongkok. Bahkan tercatat sejak bulan Juni 2022 hingga saat ini, telah diekspor porang sebanyak 1.000 ton.




Bupati Andi Seto pun mengapresiasi dan mendukungan rencana kegiatan tersebu."Mudah-mudahan ini bisa menjadi sarana untuk para petani kita, termasuk para penyuluh pertanian agar bisa belajar sehingga porang yang ditanam kualitasnya bagus, dan punya nilai jual tinggi,”pinta Andi Seto di dampingi Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Sinjai, H. Kamaruddin.




FOLLOW FACEBOOK KAMI  
FOLLOW GOOGLE BUSSINESS DAN BERI ULASAN
FOLLOW NEWSLETTER KAMI
IKUTI KAMI DI TWITTER
-------------------------------------------------------------------------

CARI RESEP KULINER?...

RAHASIA KULINER ADALAH SOLUSINYA