NGOPILOTONG.COM   -    Prof. Azyumardi Azra, Ketua Dewan Pers Republik Indonesia Berpulang Ke Rahmatullah  hari ini, Ahad, 18 September 2022, setelah dirawat di Rumah Sakit Serdang di Selangor, Malaysia, sejak Jumat sore, 16 September. Rektor Universitas Islam Negeri atau UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 1998-2006 meninggal dunia setelah dirawat karena terpapar Covid-19. 

 Anggota Dewan Pers Arif Zulkifli membenarkan kematian Azyumardi. Dia mengatakan dia telah mendengar dari keluarganya. 

 "Dewan pers menerima konfirmasi dari istrinya melalui telepon," kata anggota dewan pers Arif Zulkifli. 

 Sebelumnya, Azyumardi dibawa ke rumah sakit saat mendarat di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat lalu. Azyumardi datang ke Malaysia karena undangan dari Malaysian Islamic Youth Force (ABIM) untuk menghadiri Space Islamic International Conference di Selangor, Malaysia.

 Presiden ABIM Muhammad Faisal Abd Aziz juga mengunjungi Rumah Sakit Serdang pada hari Jumat, tempat Azyumardi dirawat. Di sana ia mengatakan Azyumardi akan menjadi salah satu pembicara pada konferensi 17 September 

Almarhum Prof. Azyumardi Azra, Ketua Dewan Pers

 Dubes RI untuk Malaysia Hermono juga mengatakan Azyumardi sedang dirawat di fasilitas perawatan intensif. 

 "Menurut rumah sakit, dia dirawat di ruang merah yang biasanya digunakan untuk merawat pasien yang terinfeksi Covid-19," katanya. 

 Sementara itu, Wakil Presiden ABIM Muhammad Shazni yang bertanggung jawab menjemput Azyumardi dari Bandara Kuala Lumpur mengatakan, hingga pukul 15.33 waktu setempat, pihaknya masih sempat berkomunikasi melalui Whatsapp. 

Shazni mengatakan bahwa setelah pergi ke RS Serdang dan melakukan tes, dokter mengatakan Azyumardi dinyatakan positif Covid-19. Sehingga Azyumardi segera dirawat dengan ventilator di unit perawatan intensif. 

 Azyumardi dikenal sebagai ulama Islam. Beliau memperoleh gelar sarjana dari Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jakarta pada tahun 1982. Beliau juga memperoleh 3 gelar master dari berbagai jurusan di Columbia University, Amerika Serikat. Azyumardi juga meraih gelar doktor dari kampus yang sama sebelum akhirnya diangkat menjadi guru besar di IAIN Syarif Hidayatullah pada tahun 1998.

 Ia bekerja sebagai jurnalis Panji Masyarakat dari 1979 hingga 1985. Karirnya terutama adalah dosen di Fakultas Adab, UIN Jakarta. Ia juga sempat menjabat sebagai Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah di Jakarta. 

 Azyumardi Azra selanjutnya terpilih sebagai Ketua Dewan Pers dalam komponen pemerintahan 2022-2025, pada Rabu, 18 Mei 2022.



DAPATKAN UPDATE BERITA VIA NGOPILOTONG.COM, FOLLOW FACEBOOK KAMI

BAGI ANDA PECINTA KULINER RAHASIA KULINER ADALAH SOLUSINYA