NGOPILOTONG.COM   -   Dedikasi dan kegigihan Dekranasda Provinsi Sulawesi Selatan dalam memasarkan produk lokal telah membuahkan hasil. Produk khas Sulawesi Selatan meraih dua penghargaan pada Pameran Kriya Nusa baru-baru ini di Jakarta. 

 Penghargaan pertama diraih pada upacara pembukaan, dimana produk Songkok Bone dinobatkan sebagai penerima Asia-Pacific Award of Excellence 2022 oleh World Crafts Council (WCC). 

Hadiah kedua setelah Lontar diserahkan. Produk Tas Anyaman produksi UMKM Atap Konjo terpilih sebagai unggulan potensial untuk tahun 2022. Penganugerahan yang diberikan Dekranasda Pusat kepada Dekranasda Sulsel dilakukan di penghujung Pameran Kriya Nusa. 

Naomi Octarina, Ketua Dekranasda Sulsel  menjelaskan, daerah tersebut memiliki banyak potensi sumber daya alam. UMKM kini sangat giat berinovasi untuk menciptakan produk yang work.


 

Naoemi juga menegaskan komitmennya bahwa Dekranasda akan terus menjadi wadah untuk mempublikasikan potensi produk lokal melalui berbagai acara promosi, salah satunya adalah Nusa Handicraft Exhibition. 



Sebelumnya, Naoemi yang menerima penghargaan Asia-Pacific Handicrafts Excellence Award 2022 dari World Handicrafts Council (WCC), mengaku bangga dan bersyukur bahwa kerajinan lokal Sulawesi Selatan selalu mendapat pengakuan. Asia Pacific. 

Ketua Dekranasda Sulsel mengatakan, Sulawesi Selatan memiliki kekayaan budaya dan produk yang tidak kalah dengan provinsi dan negara lain. “Pengakuan ini menjadi sumber semangat bagi daerah lain di Sulsel untuk terus mengembangkan produknya. Dekranasda hadir untuk beradaptasi dengan semua ini,” ujarnya. 

Ketua Dekranasda Bone. Kurniaty A Fahsar mengatakan penghargaan yang diterima produk Songkok Bone tidak lepas dari peran para pelaku UMKM di Bone, terus berinovasi dan gencar mempromosikan Songkok Bone agar dikenal dunia. Presiden 

Ketua TP PPK Bone ini, menjelaskan bahwa saat ini inovasi produk Songkok Bone sangat serbaguna. Dari warna hingga zonasi, berbagai hal dilakukan menyesuaikan waktu. 

Selanjutnya Ketua  Dekranasda Bulukumba Andi Herfida Attas mengaku bangga salah satu produk daerahnya yaitu tas anyaman Lontar hadir mewakili Sulawesi Selatan dan mendapat penghargaan dari Dekranasda Pusat. kemungkinan unggulan hingga 2022. 

 “Tujuan kami ke depan tentu ingin melanjutkan pengembangan, agar lebih baik lagi. Desainnya akan menjadi lebih baik, lebih simpel dan cocok untuk semua orang,” tutupnya.




DAPATKAN UPDATE BERITA VIA NGOPILOTONG.COM, FOLLOW FACEBOOK KAMI

BAGI ANDA PECINTA KULINER RAHASIA KULINER ADALAH SOLUSINYA