NGOPILOTONG.COM,  -  Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Republik Indonesia telah mengeluarkan imbauan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berencana melakukan perjalanan ke wilayah Timur Tengah. Imbauan ini dikeluarkan menyusul eskalasi yang terjadi di kawasan tersebut, setelah serangan yang dilancarkan Iran ke Israel. Jakarta, Ahad (14/04/2024)


Dalam pernyataannya, Kemlu RI menekankan kepada WNI yang merencanakan perjalanan dengan rute penerbangan melewati wilayah udara atau transit di negara-negara Timur Tengah, untuk mengantisipasi gangguan jadwal penerbangan. WNI juga diimbau untuk segera menghubungi maskapai penerbangan masing-masing guna mendapatkan informasi terbaru terkait jadwal penerbangan.


Kemlu juga mengacu pada langkah-langkah yang diambil oleh beberapa negara di Timur Tengah, yang telah menerapkan kebijakan pembatasan wilayah udara sebagai respons terhadap eskalasi situasi keamanan di kawasan tersebut. Hal ini berlaku baik untuk penerbangan komersial maupun penerbangan lainnya.


Selain itu, imbauan untuk menunda perjalanan ke Iran dan Israel juga kembali dikeluarkan oleh Kemlu RI. WNI yang berencana melakukan perjalanan ke kedua negara tersebut diimbau untuk mengakses aplikasi Safe Travel Kemlu guna memperoleh informasi dan saran yang diperlukan.


Kemlu dan Perwakilan RI di Timur Tengah terus memantau dengan cermat eskalasi yang terjadi, terutama setelah serangan Israel ke fasilitas diplomatik Iran di Damascus dan serangan balasan yang dilakukan oleh Iran ke Israel. Kemlu juga menekankan kepada WNI agar segera menghubungi nomor hotline Perwakilan RI terdekat atau mengakses aplikasi Safe Travel Kemlu jika menghadapi situasi darurat.


Imbauan dan langkah-langkah ini diambil dalam upaya untuk menjaga keselamatan dan keamanan WNI yang berada atau berencana melakukan perjalanan ke wilayah Timur Tengah yang tengah mengalami ketegangan.



Editor     :  Zumardi



Baca Artikel Lainnya di GOOGLE NEWS