NGOPILOTONG.COM,  -  Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haidar Nasir, mengumumkan bahwa Idul Fitri 1445 Hijriah akan jatuh pada tanggal 10 April 2024. Keputusan ini diambil berdasarkan ijtimak, yaitu saat berakhirnya bulan lalu dan munculnya bulan baru dalam penanggalan Hijriah.


Ijtima jelang Syawal 1445 Hijriah terjadi pada Selasa Legi, 30 Ramadan 1445 Hijriah atau bertepatan dengan 9 April 2024 pukul 01:23 dini hari waktu Indonesia bagian Barat. Pada tanggal tersebut, tinggi bulan saat matahari terbenam di Yogyakarta mencapai lebih dari 6 derajat, menandakan bahwa Hilal sudah terlihat. Di wilayah lainnya, bulan juga sudah berada di atas ufuk saat matahari terbenam.


Peneliti ahli utama pusat riset antariksa, Sabrin Thomas Jamaludin, memprediksi bahwa baik Muhammadiyah maupun pemerintah akan merayakan Idul Fitri 1445 Hijriah secara bersamaan, yaitu pada Rabu, 10 April 2024. Menurutnya, kriteria pengamatan Hilal telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura, dengan bulan mencapai 6 derajat dan sudut elongasi 8 derajat di wilayah Indonesia pada Selasa, 9 April 2024.


Meskipun demikian, Kementerian Agama tetap akan menggelar sidang isbat di auditorium HM. Rasjidi kantor Kemenag RI di Jalan MH Tamrin, Jakarta, pada Selasa, 9 April 2024. Kementerian Agama juga akan melakukan pemantauan Hilal di 120 lokasi yang tersebar di wilayah Indonesia.



Editor     :  Zumardi



Baca Artikel Lainnya di GOOGLE NEWS