Harga Telur dan Daging Ayam Tinggi


NGOPILOTONG.COM,  -  Seiring berjalannya pekan pertama bulan suci Ramadan 1445 Hijriah, masyarakat Sinjai masih dihadapkan pada kenyataan kenaikan harga beberapa kebutuhan pokok, terutama telur ayam ras dan daging ayam. Meskipun telah memasuki masa Ramadan, harga-harga tersebut tidak menunjukkan penurunan yang signifikan seperti yang diharapkan.


Telur ayam ras, yang sebelumnya dijual dengan kisaran harga Rp 53.000,- hingga Rp 55.000,- per rak, masih bertahan tinggi di angka Rp 58.000,- per rak. Begitu pula dengan harga daging ayam, meskipun mengalami penurunan sebesar Rp 1.000,- menjadi Rp 35.000,- per kilogram, namun tetap tinggi dibandingkan dengan harga sebelum Ramadan yang berkisar Rp 30.000,- per kilogram.


Muh. Saleh, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan (Disperindag), dan ESDM Sinjai, menjelaskan bahwa kenaikan harga tersebut disebabkan oleh mahalnya harga pakan, yang berimplikasi pada biaya produksi yang ikut naik. Tingginya biaya produksi inilah yang menjadi penyebab utama kenaikan harga telur dan daging ayam di pasaran.


Dalam upaya mengatasi dampak dari kenaikan harga ini, Pemerintah Kabupaten Sinjai telah mengambil langkah-langkah konkret. Salah satunya adalah dengan menggelar kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) dan pasar murah secara masif. Bahkan, dalam sepekan pertama bulan Ramadan, GPM dan pasar murah telah dilaksanakan sebanyak dua kali, bertempat di Halaman Dinas Ketahanan Pangan dan halaman Masjid Agung Nujumul Ittihad Cakkempong, Sinjai Utara.


Muh. Saleh juga menegaskan bahwa pihaknya, bersama instansi terkait, akan terus mengintensifkan operasi pasar yang dikemas dengan GPM, sesuai dengan instruksi dari Penjabat Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah. Dalam setiap kegiatan GPM dan pasar murah yang akan datang, akan dihadirkan pedagang telur dan daging ayam untuk mengantisipasi lonjakan harga di pasaran.


Dengan langkah-langkah proaktif ini, diharapkan ketersediaan dan stabilitas harga kebutuhan pokok, terutama telur dan daging ayam, dapat terjaga dengan baik selama bulan suci Ramadan. Masyarakat diharapkan dapat merasakan manfaat dari upaya Pemerintah Kabupaten Sinjai dalam memastikan akses terhadap kebutuhan pokok yang terjangkau selama bulan yang penuh berkah ini.



Baca Artikel Lainnya di GOOGLE NEWS