NGOPILOTONG.COM,  -  Nasi lemak adalah kuliner khas Malaysia dan Indonesia, khususnya di Riau, Kepulauan Riau dan Sumatera Utara. Hidangan ini pun dapat ditemukan di Singapura dan Brunei.


Nasi lemak terbuat dari nasi yang dimasak dengan santan dan daun pandan sehingga memiliki aroma yang khas. Nasi lemak biasanya disajikan dengan sambal, ikan teri, mentimun, dan berbagai lauk pauk lainnya, seperti ayam goreng, telur rebus, rendang, dan sebagainya.


Nasi lemak merupakan salah satu hidangan nasional Malaysia dan telah menjadi bagian dari budaya masyarakat Malaysia. Hidangan ini sering disajikan sebagai menu sarapan, tetapi juga dapat dinikmati sebagai menu makan siang atau makan malam.


Berikut adalah Bahan dan Cara Membuat Nasi Lemak:


Nasi lemak:

500 ml beras atau 375 gr beras

450 ml air

60 ml santan

30 ml minyak

2 sdm bawang merah goreng

1 sdt bawang putih goreng

3 cm jahe, iris

2 batang serai, potong dan geprek

2 lembar daun pandan

1 sdt garam

1 sdt penyedap / kaldu ayam


Sambal Ikan bilis:

3 siung bawang putih

8 siung bawang merah

10 cabai merah

1 tomat, potong

½ bawang bombai, iris

100 gr ikan bilis goreng

1 lembar daun salam

2 batang serai, potong dan geprek

2 iris jahe

12 gr terasi

50 gr gula merah

3-5 sdm air asam jawa

Garam

Penyedap

2-3 sdm air


Pelengkap:

1 timun kyuri, potong

50 gr kacang tanah dengan kulit ari

50 gr ikan bilis

6 butir telur

Ayam goreng rempah 

Bawang merah goreng


Langkah:

1. Cuci beras, kemudian masukkan ke dalam rice cooker bersama dengan santan, kaldu / penyedap, garam, minyak, air, bawang merah goreng, dan bawang putih goreng kemudian aduk rata. Masukkan jahe, serai, dan daun pandan di atasnya, jangan diaduk lalu masak dengan mode memasak nasi hingga matang

2. Untuk sambal bilis, blender bawang merah, bawang putih, cabai merah, terasi, dan air hingga halus kemudian tumis hingga mengeluarkan minyak lalu tambahkan daun salam, serai, jahe, tomat, dan bawang bombai iris. Aduk-aduk hingga wangi lalu tambahkan gula merah, garam, penyedap, air asam jawa, ikan bilis, dan air kemudian masak dengan api kecil hingga kecokelatan

3. Goreng ikan bilis dan kacang tanah hingga kering, sisihkan

4. Untuk telur, bisa digoreng setengah matang atau sesuai selera

5. Sajikan nasi lemak dengan telur, ayam rempah,bilis goreng, kacang goreng, sambal bilis, timun, dan bawang merah goreng


Nasi lemak pertama kali dimasak oleh orang Melayu di semenanjung Malaysia.


Nasi lemak awalnya hanya disajikan sebagai hidangan untuk orang-orang kaya, tetapi kini telah menjadi hidangan populer yang dapat dinikmati oleh semua kalangan.


Nasi lemak telah menjadi simbol budaya Malaysia dan sering disajikan di acara-acara penting, seperti pesta pernikahan dan perayaan hari raya.


Nasi lemak adalah hidangan yang lezat dan kaya akan cita rasa. Hidangan ini merupakan perpaduan sempurna antara rasa gurih dari nasi yang dimasak dengan santan, rasa pedas dari sambal, dan rasa asin dari ikan teri. Nasi lemak juga merupakan hidangan yang sangat bergizi dan mengenyangkan.


Jika Anda berkesempatan untuk berkunjung ke Malaysia atau Indonesia, jangan lupa untuk mencoba nasi lemak. Hidangan ini pasti akan membuat Anda ketagihan.




KAMPANYE & PROMO DIGITAL HUBUNGI