NGOPILOTONG.COM,  -  Ayam Tangkap adalah salah satu makanan khas Aceh yang sangat populer dan cocok untuk dinikmati bersama keluarga atau orang-orang terdekat. Makanan ini terbuat dari Ayam Kampung yang digoreng dengan rempah-rempah pilihan, kari ayam, dan juga daun pandan.


Rasa dari Ayam Tangkap ini sangat enak dan gurih. Proses pembuatannya yang unik membuat bumbu meresap sempurna ke dalam daging ayam. Hal ini menjadikan Ayam Tangkap memiliki rasa khas yang membedakannya dari masakan ayam lainnya.


Adapun Bahan dan Cara membuat  Ayam Tangkap adalah :


Bahan A (bumbu halus) :

8 bawang merah

4 bawang putih

2 ruas jahe dan lengkuas

1 ruas kunyit

1sdm ketumbar bubuk

1/2sdm lada bubuk

1sdm air jeruk nipis

.

Bahan B :

1 ekor ayam kampung (sudah dipresto terlebih dahulu)

3 batang daun kari

2 lembar daun kunyit potong sedang

5 lembar daun jeruk robek dikit

2 serai geprek (putihnya saja)

300ml air kelapa+150ml air biasa

Secukupnya garam, gula, penyedap

.

Bahan C (daun goreng) :

5 lembar daun pandan (potong sedang)

5 batang daun kari

3 lembar daun kunyit potong sedang

3 cabai hijau (potong 3 bagian saja)

.

Cara buat :

1. Blender bahan A kemudian tumis hingga matang, lalu masukan semua bahan B. Masak hingga bumbu meresap ke ayam/menyusut.

2. Panaskan minyak goreng yg banyak, kemudian gorenggoreng ayam yang sudah di ungkep dengan bumbu tadi. 10mnt kemudian masukan bahan C sedikit demi sedikit. Nb: gunakan api sedang saja. Goreng ayam hingga kecoklatan.

3. Sajikan dan selamat menikmati


Apabila Anda ingin membawa Ayam Tangkap sebagai oleh-oleh dari Aceh, Anda dapat membelinya di Rumah Makan Aceh Rayeuk yang berlokasi di Banda Aceh. Harganya sekitar Rp 60.000 per kotak. Rumah Makan Aceh Rayeuk dapat ditemukan di Jalan Teungku Imum Leung Bata Nomor 33, Lamseupeung, Baiturrahman, Kota Banda Aceh.


Menikmati Ayam Tangkap bersama keluarga atau orang-orang terdekat adalah pengalaman yang sangat menyenangkan. Rasanya yang lezat dan cita rasanya yang khas akan membuat momen makan bersama menjadi lebih spesial. Oleh karena itu, Ayam Tangkap bisa dijadikan salah satu pilihan makanan khas Aceh yang patut untuk dicoba.




IKUTI KAMI