NGOPILOTONG.COM,  -  Sempol Ayam adalah Kuliner khas dari daerah Jawa Tengah, Indonesia. Sempol ayam terbuat dari daging ayam yang dicincang halus dan dicampur dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, merica, garam, dan penyedap rasa. Setelah itu, adonan daging ayam tersebut dibentuk menjadi bola-bola kecil dan direbus hingga matang.


Sempol ayam biasanya disajikan dengan kuah kaldu yang gurih dan hangat. Kuah kaldu tersebut biasanya terbuat dari tulang ayam yang direbus bersama dengan bumbu-bumbu seperti jahe, bawang putih, daun bawang, dan garam. Kuah kaldu ini memberikan rasa yang lezat dan segar saat disantap bersama sempol ayam.


Sempol ayam sering dijadikan sebagai makanan pendamping saat makan nasi atau sebagai camilan di sore hari. Makanan ini memiliki tekstur yang kenyal dan lembut, serta memiliki cita rasa yang gurih dan sedikit pedas.


Selain itu, sempol ayam juga sering dijadikan sebagai bahan tambahan dalam mie ayam atau bakso ayam. Banyak orang yang menyukai sempol ayam karena rasanya yang enak dan teksturnya yang lezat.


Sempol ayam merupakan salah satu kuliner khas Jawa Tengah yang terkenal dan sering ditemui di berbagai warung makan dan restoran di daerah tersebut. Makanan ini menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang lezat dan cara penyajiannya yang sederhana namun menggugah selera.


Bahan:

250 gr daging ayam tanpa tulang

100 gr tapioka

1 butir telur

1 batang daun bawang, iris halus

.

Bumbu:

5 siung bawang putih, haluskan

3 sdm bawang merah goreng

1 sdt garam

1/2 sdt lada bubuk

1/2 sdt kaldu bubuk

.

Bahan pencelup, campur hingga rata:

1 butir telur kocok lepas

1 sdm tepung beras

1/2 sdt garam

.

Cara Membuatnya:

1. Haluskan/cincang daging ayam. Campur semua bahan di dalam baskom, masukkan bumbu. Aduk rata sampai bisa dibentuk

2. Bentuk adonan dengan menempelkan pada tusuk sate, kalau tangan lengket bisa lumuri dengan sedikit minyak goreng/tepung tapioka. Bentuk adonan dan kepal hingga melekat sempurna

3. Didihkan air dalam panci, rebus sempol sampai matang (15-20 menit)

4. Goreng sempol ayam hingga agak kering, angkat. Celupkan ke adonan pencelup, goreng kembali hingga matang dan kecoklatan

5. Sajikan dengan saus sambal



KAMPANYE & PROMO DIGITAL HUBUNGI