Kue kembang goyang adalah salah satu kue tradisional khas Betawi. Nama kembang goyang berasal dari bentuknya yang menyerupai kelopak bunga atau kembang dan proses membuatnya digoyang-goyang hingga adonan terlepas dari cetakan.


Kue kembang goyang terbuat dari bahan dasar tepung beras atau tepung ketan, telur, santan, gula pasir, dan garam. Adonan kue kemudian dituangkan ke dalam cetakan kembang goyang yang terbuat dari besi atau aluminium. Cetakan dipanaskan di atas api, lalu adonan dituangkan dan digoyangkan hingga adonan terlepas dari cetakan.


Kue kembang goyang memiliki rasa yang renyah dan gurih. Kue ini biasanya disajikan dengan taburan gula halus atau bubuk kayu manis.


Berikut adalah cara membuat kue kembang goyang:


Bahan:

150 g tepung terigu

100 g kanji

50 g tepung beras

1/2 sdt vanili

2 butir telur

120 g gula pasir

1/2 sdt garam

1 santan instant kemasan segitiga ( kara, sasa dll)

300 - 320 ml air

2 sdm muncung margarin dilelehkan

Secukupnya wijen hitam dan putih ( boleh di skip)

Cara :

Campur rata ketiga jenis tepung dan vanili.

Kocok telur, gula dan garam dengan whisker sampai gula larut. Masukan santan, aduk rata, masukan margarin cair, aduk rata. Masukan tepung bergantian dengan air, aduk sampai adonan licin tidak ada yang bergerindil. Masukan wijen, aduk rata.

Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang cenderung kecil.. Rendam cetakan kue goyang dalam minyak panas sampai cetakan cukup panas. Celupkan cetakan ke dalam adonan. Masukan ke dalam minyak panas. Diamkan dalam minyak panas sampai kue agak kokoh lalu goyangkan cetakan supaya kue tetlepas dari cetakan. Goreng kue sampai berwarna kuning keemasan. Lakukan sampai adonan habis. Susun kue yang telah dingin dalam toples. Tutup rapat.


By: @WawaWiati




UPDATE RESEP MASAKAN DAN INFO KULINER TERKINI  KLIK !!!