NGOPILOTONG.COM   -  "Ta'bangka  -  baca: Tabbangka  -  berarti: Kaget ------- dalam dialek Tupabbiring, bahasa Mangkasara' - Talloang di Kota Makassar, Sulawesi Selatan."


Ta'bangka ----- adalah kondisi kaget terjadi, karena suatu respon dari tubuh secara tidak langsung kepada jantung. Tetapi tidak semua kaget dapat menyebabkan berdebar-debar, kata dokter.


Daeng Sakka' ----- Sungguh heran dan kaget sekali, saat melihat angka tertera pada struk belanjaan istrinya, bernama: Salomma.


Ececeee .... mirip tongi belanjaannya "pagrosirka' - arti: pemilik toko grosiran," segala macam mo nabelli kamase! Kalau begitu terus "caranu to, ka biar kau itu Gunung Lompo Battang, kempes tonji kodong! - arti: cara kamu, walau itu Gunung Besar Perut, akan kempes juga kasihan akhirnya!" Karena gaji hanya pas-pasan, tapi belanjaanmu, "addeee .... singanga - arti: aduuu .... banyak sekali."


"Oe; u'rangi kamase! - arti: Hei; ingatlah kasihan!" Coba kau ingat hari esok, karena Daeng Sakka' itu bukan Direktur sotta. Tapi hanya seorang pekerja tukang bangunan ji. Penghasilan tak seberapa dan itu pun gajiannya nanti setiap hari sabtu. "Sotta - singkatan dari: Sok tau."


Suatu saat nanti akan tiba masanya. "Hujan lebat dan terang bulan ----- maksudnya: Rejeki akan melimpah dan suasana menjadi bahagia" disaat itulah engkau akan bosan menghitung uang, jika "kulauna tettaku lakumi nibalukang ammakna - artinya: batu permata saktinya bapakku telah laku terjual mamak tersayang." Sabarki na.


"Oeee ... palang-palang mako kodong! ----- memiliki arti: Heiiii ... pelan-pelan saja kasihan!"

Yuhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu .............




Penulis : Zainal CRS

#KoPigiKeliling Berkabar Berita, Berbagi Hidup.




Baca Berita Lainnya di Google News

Jasa Branding dan Pasang Iklan Caleg Pemilu 2024 Hubungi