NGOPILOTONG.COM   -  Makassar, 3 September 2023 - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai meraih penghargaan Top 30 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2023. 


Mewakili Bupati Sinjai, Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai, Andi Jefrianto Asapa menerima Penghargaan tersebut yang diberikan langsung oleh Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, di Wisma Negara Center Point of Indonesia (CPI), Makassar, Minggu (3/9/2023) malam.


Dikutip dari Situs Pemkab Sinjai, Kedua inovasi Pemkab Sinjai yang meraih penghargaan tersebut adalah “Teman Karib” (Temukan Masalah Ibu Hamil dengan Kartu Ibu) dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Sinjai dan “Sayang Dilan” (Siap Layani dan Kunjungan Penyandang Disabilitas dan Lansia dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).


Inovasi “Teman Karib” merupakan inovasi yang dicetuskan oleh Nurwahida, A.Md.,Keb dari Puskesmas Mannanti, Kecamatan Tellulimpoe. Inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi ibu hamil dengan kartu ibu. 


Melalui inovasi ini, ibu hamil dapat melakukan skrining kesehatan secara mandiri dengan memanfaatkan aplikasi kartu ibu.


Sementara itu, inovasi “Sayang Dilan” merupakan inovasi yang dicetuskan oleh Uzlifah Andi Nanggung dari Disdukcapil Sinjai. Inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik bagi penyandang disabilitas dan lansia. 


Melalui inovasi ini, penyandang disabilitas dan lansia dapat melakukan pengurusan dokumen kependudukan secara mudah dan cepat dengan memanfaatkan aplikasi WhatsApp.


Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, dr. Emmy Kartahara Malik yang turut mendampingi Sekda Sinjai membenarkan dua inovasi Pemkab Sinjai yang meraih penghargaan tingkat Provinsi Sulsel.


“Iya benar kami mendampingi Pak Sekda menerima penghargaan Top 30 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik tahun 2023,” ucapnya.


dr. Emmy juga menyampaikan rasa syukur karena salah satu inovasi yang dicetuskan oleh Nurwahida, A.Md.,Keb dari Puskesmas Mannanti dapat bersaing diajang KIPP 2023.


“Kami sangat bersyukur karena inovasi ‘Teman Karib’ dapat masuk Top 30 Provinsi Sulsel, semoga Inovasi ini dapat direplikasi keseluruh Puskesmas di Kabupaten Sinjai,” pungkasnya.


Hadir mendampingi Sekda Andi Jefrianto Asapa yakni,Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, dr. Emmy Kartahara Malik, Kadisdukcapil Andi Reza Amran, Kabag Organisasi Andi Sompa, Kabag Protokol Setdakab Ahmad Karim, Kepala Puskesmas Mannanti dr. Zulkifli Thamrin, serta Inovator dari Puskesmas Mannanti dan Disdukcapil.




Baca Berita Lainnya di Google News

Jasa Branding dan Pasang Iklan Caleg Pemilu 2024 Hubungi