NGOPILOTONG.COM   -  Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi berkolaborasi untuk menyerahkan naskah tentang seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2023. 


Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kemendikbudristek Ambar Musyarifah menyerahkan naskah soal tersebut kepada Aba Subagja, Asisten Deputi Perancangan Jabatan, Perencanaan, dan Pengadaan SDM Kementerian PANRB, di Jakarta pada hari Kamis, 10 Agustus 2023. 


Dalam Acara ini, Anggota Panitia Seleksi Nasional dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menghadiri penyerahan naskah soal. 


Ini merupakan bagian dari seleksi CASN pada tahun 2023, di mana pemerintah mengadakan seleksi tidak hanya PPPK tetapi juga CPNS, dan Panselnas telah menyiapkan tim terbaik dan prosedur yang ketat.


Menurut Aba, naskah soal yang diserahkan terdiri dari 173 penulis dari 35 perguruan tinggi dan lembaga, dan mencakup wawancara, kompetensi manajerial, dan kompetensi sosial kultural untuk PPPK dan CPNS. 


Untuk memastikan bahwa soal yang dipilih sesuai dengan kaidah penulisan bahasa yang baik dan benar, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa melakukan proses telaah bahasa sebelum menyusun naskah soal seleksi tersebut.


"Hal ini sangat penting kami lakukan untuk meminimalkan kesalahan dan kebocoran soal," katanya. Sistem pengamanan teknologi yang ketat digunakan selama proses penyusunan soal, mulai dari penyusunan kisi-kisi hingga telaah bahasa, yang diawasi oleh BSSN dan Kementerian PANRB, BKN, BRIN, dan BPKP. 


Dikutip dari Situs Resmi KemenPAN RB, Ambar Musyarifah, Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kemendikbudristek mengatakan, penyusunan kisi-kisi soal didasarkan pada hasil evaluasi pelaksanaan Seleksi CASN tahun sebelumnya. Selain itu, Ambar menyatakan bahwa panselnas melakukan kolaborasi nilai-nilai ASN ber-AKHLAK. "Proses ini melibatkan unsur dari Kementerian PAN dan RB, Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan para pakar dari Perguruan Tinggi, yang didampingi oleh ahli konstruksi soal dari Pusat Asesmen Pendidikan Kemdikbudristek." 


Untuk seleksi CASN 2023 ini, Panselnas, atau Panita Seleksi Nasional, menetapkan formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) lebih sedikit dari yang diharapkan, yaitu 572.496, dengan PPPK 543.593 dan CPNS 28.903.



Baca Berita Lainnnya di Google News

Jasa Branding dan Pasang Iklan Caleg Pemilu 2024 Hubungi