NGOPILOTONG.COM   -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tengah (Sulteng) yang mencapai 13% pada tahun 2023. Angka tersebut lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional yang berada di angka 5,4%.

Apresiasi tersebut disampaikan Presiden saat meninjau Pasar Masomba, Kota Palu, Sulteng, Rabu (30/8/2023).

"Saya lihat ekonomi di sini bagus, tumbuh 13%. Angka ini 2,5 kali lipat dari pertumbuhan ekonomi nasional," kata Presiden.

Dikutip dari setkab.go.id, Menurut Presiden, pertumbuhan ekonomi yang tinggi tersebut merupakan hasil kerja keras dari seluruh masyarakat Sulteng.

"Ini adalah buah kerja keras dari seluruh masyarakat Sulteng," ujarnya.

Presiden juga mengapresiasi stabilitas harga sejumlah komoditas pangan di Sulteng. Harga ayam di pasar tradisional setempat, misalnya, hanya berkisar Rp25 ribu per kilogram.

"Harga-harga di sini tadi stabil, ayam di Rp25 ribu, kemudian bawang merah Rp23 ribu. Bagus, itu bagus," kata Presiden.

Presiden pun meminta agar kepala daerah di Sulteng mendorong industri yang ada, seperti industri nikel, untuk memanfaatkan produk masyarakat di daerah tersebut. Hal ini diyakini Presiden dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kawasan.

"Saya tadi sudah titip ke Gubernur agar industri-industri nikel yang ada di sini, misalnya katering, katering yang megang mestinya orang daerah, yang menyetor telur, daerah, yang menyetor ayam mentah, daerah. Sehingga ada efek pertumbuhan ekonominya betul-betul ke daerah, tidak semuanya menjadi agregat nasional," tandasnya.




Baca Berita Lainnnya di Google News