NGOPILOTONG.COM   -  Tabur bunga pada makam para pahlawan memiliki makna mendalam dan simbolis dalam konteks penghormatan dan penghargaan terhadap jasa-jasa mereka yang telah berjuang dengan gagah berani demi kemerdekaan, kebebasan, dan kemajuan bangsa.


Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa, S.H, LLM mengikuti Upacara Ziarah Nasional dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke- 78 Tahun 2023 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Mangottong, Kec. Sinjai Timur, Kamis (17/08) 


Dalam upacara ini, bertindak selaku Inspektur Upacara yakni Kepala Kejaksaan Negeri Sinjai, Zulkarnaen Lopa, S.H.,M.H. Upacara diawali dengan peletakan karangan bunga di monumen TMP Mangottong dan dilanjutkan dengan renungan kehormatan kepada para pahlawan.


Setelah upacara selesai, Bupati Sinjai yang didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Sinjai, Hj. Andi Nurhilda Daramata Seto beserta Wakil Bupati Sinjai Hj Andi Kartini Ottong, Ketua DPRD Sinjai, Jamaluddin, para Forkopimda, Sekretaris Daerah Kab. Sinjai Andi Jefrianto Asapa dan jajaran Pemkab Sinjai lainnya menyusuri makam-makam pahlawan untuk menabur bunga sembari membacakan doa.


Pada kesempatan tersebut, Bupati Sinjai mengatakan upacara ziarah nasional dan tabur bunga dilaksanakan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur di medan peperangan untuk memperjuangkan kemerdekaan RI. 


"Upacara yang dilakukan ini dimaksudkan untuk memaknai HUT RI ke 78 ini dengan menghargai perjuangan para pahlawan untuk  meraih kemerdekaan. Perjuangan untuk meraih kemerdekaan adalah perjuangan yang sangat sulit, diperjuangkan dengan nyawa oleh para pendahulu kita," jelasnya. 


Untuk itu, Bupati Andi Seto mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Sinjai khususnya generasi muda untuk  mengisi kemerdekaan RI dengan menumbuhkan kecintaan kepada bangsa dan negara serta bersama-sama, bergotong royong untuk mewujudkan cita-cita pendiri bangsa. 


Secara keseluruhan, tabur bunga adalah ekspresi empati dan rasa terima kasih yang kuat terhadap perjuangan yang telah dilakukan oleh para pahlawan. Ini adalah cara yang indah dan bermakna untuk merayakan HUT RI dan menghormati warisan perjuangan mereka dalam membangun negara ini.




Baca Berita Lainnnya di Google News

Jasa Branding dan Pasang Iklan Caleg Pemilu 2024 Hubungi