NGOPILOTONG.COM   -  Salah satu faktor risiko utama berbagai kondisi kesehatan mental, seperti depresi dan kecemasan patologis, adalah stres kronis. Kabar baiknya, tidur yang cukup dapat melindungi orang dari gangguan kesehatan mental ketika mereka melewati masa-masa sulit.


Tim peneliti dari University of York melaporkan penemuan ini dalam penelitian yang mereka lakukan. Pandemi Covid-19 pada tahun 2020 menarik lebih dari 600 peserta untuk penelitian ini. Seperti diketahui, pandemi yang terjadi pada tahun 2020 merupakan masa penuh tekanan yang menyebabkan stres berkepanjangan pada banyak orang.


Seperti dilansir Science Daily pada Jumat (25/8/2023), "Kami menemukan bahwa kualitas tidur yang lebih baik dikaitkan dengan (munculnya) gejala depresi dan kecemasan yang lebih rendah." Demikian kesimpulan peneliti dan mahasiswa PhD Emma Sullivan dari University of York.


Jika diimbangi dengan mekanisme penanggulangan yang efektif, manfaat tidur yang nyenyak dapat mencapai puncaknya. Kemampuan untuk menemukan sisi positif dari situasi sulit merupakan salah satu ilustrasi mekanisme penanggulangan ini.


Scott Cairney, supervisor PhD dari Departemen Psikologi di Universitas York, "Tidur memainkan peran yang sangat penting dalam manajemen stres kronis (jangka panjang) dan dapat menjaga kesejahteraan jangka panjang, mengurangi munculnya gejala depresi dan kecemasan.".


Sleep Foundation mencantumkan beberapa indikator kualitas tidur tinggi.

Kualitas-kualitas ini termasuk dapat tidur setelah berbaring di tempat tidur kurang dari 30 menit, tetap tertidur sepanjang malam, tidur sesuai jumlah waktu yang disarankan, dan bangun keesokan paginya dengan perasaan berenergi dan segar.


Ada sejumlah cara untuk meningkatkan kualitas tidur bagi mereka yang kurang istirahat malamnya. Seperti yang dilansir dari Sleep Foundation dan diambil dari situs resminya, berikut beberapa inisiatif untuk meningkatkan kualitas tidur.


1. Minimal 30 menit sebelum tidur, jauhi teknologi seperti televisi, komputer, dan gadget.


2. Pertahankan suhu sejuk di kamar tidur dan ciptakan ruangan yang gelap dan tenang.


3. Selalu, bahkan pada hari libur, tidur dan bangun pada waktu yang sama.


4. Buat jadwal tidur untuk mencapai jumlah tidur yang disarankan. Setidaknya tujuh jam per malam disarankan untuk orang dewasa.


5. Tetapkan ritual yang menenangkan sebelum tidur seperti mandi air hangat, mendengarkan buku audio, atau membuat jurnal.


6. Hindari kafein setidaknya lima jam sebelum tidur.


7. Untuk peningkatan ritme sirkadian, habiskan 15 hingga 30 menit di bawah sinar matahari di pagi hari.



8. Jika tidak satu pun dari teknik ini berhasil meningkatkan kualitas tidur Anda, pertimbangkan untuk mendapatkan bantuan profesional.






Baca Berita Lainnnya di Google News

Jasa Branding dan Pasang Iklan Caleg Pemilu 2024 Hubungi