NGOPILOTONG.COM   -  Kementerian Perindustrian mengatakan bahwa ada kemungkinan besar pesawat tanpa awak (drone) yang dibuat di Indonesia dapat bersaing di pasar global.  Ini dimulai dengan mempromosikan pameran Indonesia Drone Expo (IDE), yang akan berlangsung dari 10 hingga 12 Agustus 2023 di Jakarta. 


Menurut evaluasi, agenda tersebut memiliki kemampuan untuk memperluas jaringan kerja sama dan memperluas pasar.  Menurut Yan Sibarang Tandiele, sekretaris Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (Ilmate) Kemenperin, pameran tersebut juga mendorong investasi lebih besar dalam industri drone dalam negeri.


"Sebab, dalam rangkaian pameran itu, dilaksanakan pula business matching yang menghasilkan kesepakatan kerja sama sejumlah industri drone di Indonesia," kata Yan dalam keterangan resminya, Minggu (13/8/2023). Seperti dikutip dari Bisnis.com


Agenda tersebut mencakup perjanjian kerja sama antara PT Bentara Tabang Nusantara (PT BETA) dan PT Terra Drone Indonesia, serta PT Inovasi Solusi Transportasi Indonesia (PT ISTI) dan PT Tera Data Indonusa.  


Selanjutnya, PT BETA, produsen drone di Indonesia, dan PT Terra Drone, penyedia jasa drone terbesar di dunia yang berasal dari Jepang, bekerja sama untuk mengekspor drone buatan Indonesia ke pasar global. 


Perjanjian pengadaan empat puluh unit drone Raybe ditandatangani sebagai hasil dari kerja sama yang luas ini. Dari kerja sama ini, Yan berharap industri drone dalam negeri terus meningkatkan kualitasnya dan meningkatkan tingkat komponen dalam negeri (TKDN). 


Sebaliknya, Indra Permana Sopian, CEO BETA-UAS, menyatakan bahwa kerja sama ini dapat meningkatkan persaingan industri teknologi dalam negeri di tingkat global. "Kami bangga dapat menjalin kerja sama strategis dengan Terra Drone dalam upaya menghadirkan Raybe ke pasar global." 


Menurutnya, ini merupakan kemajuan besar dalam memperkuat posisi teknologi drone lokal Indonesia di pasar global. Indra menjelaskan bahwa Indonesia sangat membutuhkan drone komersil untuk berbagai industri. 



Baca Berita Lainnnya di Google News

Jasa Branding dan Pasang Iklan Caleg Pemilu 2024 Hubungi