NGOPILOTONG.COM   -  Meskipun merokok telah ditandai sebagai bahaya kesehatan yang besar, berbagai organisasi telah mencari solusi yang mungkin untuk mengekang ancaman yang semakin besar ini. Diantaranya adalah alternatif yang mungkin dilakukan, seperti penemuan IQOS oleh Philip Morris, yang bertujuan untuk mengurangi risiko merokok.


Namun apakah IQOS benar-benar merupakan pilihan yang lebih baik dibandingkan rokok tradisional?


Blog ini menjelaskan kepada Anda kemungkinan risiko dan manfaat yang terkait dengan IQOS. Meskipun keputusan akhir mengenai pilihan apa yang akan Anda pilih tetap berada di tangan Anda, kami akan menjelaskan apakah IQOS merupakan alternatif yang menjanjikan.


Apa hubungannya dengan Rokok?

Menurut American Cancer Society , kebanyakan orang bersandar pada rokok karena cepatnya penyerapan nikotin ke dalam darah. Namun, hal ini harus dibayar dengan menghirup asap tembakau berbahaya yang mengandung tar dan racun kimia lainnya yang menyebar ke seluruh tubuh setiap kali Anda menghisapnya.


Racun berbahaya dalam tubuh berkontribusi terhadap sejumlah besar kondisi kesehatan parah yang dapat dicegah jika Anda menggunakan alternatif yang tidak terlalu berbahaya.


Beberapa potensi risiko yang timbul akibat bahan kimia berbahaya ini adalah:


Kanker

Rokok adalah penyebab utama berbagai jenis kanker, mulai dari kanker paru-paru, kanker mulut, tenggorokan, pankreas, ginjal, kandung kemih, dll. Bahan kimia dalam asap tembakau yang mendorong perkembangan sel kanker antara lain formaldehida dan benzena.


Masalah Pernafasan

Merokok sangat mempengaruhi sistem pernapasan manusia. Mulai dari merusak saluran udara dan jaringan paru-paru hingga menyebabkan penyakit paru-paru kronis, menghirup zat beracun seperti tar mengurangi fungsi paru-paru. Hal ini dapat menyebabkan batuk kronis, mengi, dan beberapa iritasi lainnya.


Tanpa mendalami penyakit kardiovaskular dan banyak penyakit lain yang berhubungan dengan bahan kimia, rokok berdampak negatif terhadap kualitas hidup manusia.


Mengurangi Risiko IQOS dibandingkan Merokok

Alternatif rokok potensial seperti IQOS, meskipun tidak 100% lebih aman, namun jauh lebih baik dibandingkan menghadapi risiko kesehatan yang signifikan akibat merokok tradisional.


Berikut beberapa pengurangan risiko yang timbul akibat penggunaan IQOS:


Menurunkan Paparan Karsinogen

Karsinogen adalah agen penyebab kanker yang dihasilkan dalam pembakaran tembakau. Namun, IQOS berpotensi menurunkan paparan karsinogen ini melalui fitur pemanas terkontrolnya. Dengan beroperasi pada suhu yang lebih rendah dari kisaran yang diperlukan untuk pembakaran, IQOS mengurangi paparan bahan kimia berbahaya.


Mengurangi Bahan Kimia Berbahaya

Beroperasi dengan teknologi heat-not-burn, perangkat IQOS secara signifikan mengurangi produksi bahan kimia berbahaya seperti yang terjadi pada rokok. Melalui pembakaran yang diminimalkan dan pengontrolan suhu secara hati-hati, pengguna IQOS tidak terpapar bahan kimia berbahaya sambil menikmati pengalaman merokok.


Dampak Lebih Kecil pada Perokok Pasif

Sementara rokok membakar tembakau, menghasilkan asap yang mengandung bahan kimia berbahaya, IQOS memanaskan batang tembakau tanpa membakarnya. Pemanasan pada perangkat IQOS menghilangkan asap rokok yang dilepaskan ke lingkungan. Sebaliknya, IQOS memproduksi aerosol beraroma yang lebih ramah lingkungan bagi orang yang bukan perokok.


Namun, IQOS tidak menghilangkan risiko tersebut, namun perangkat ini sangat mengurangi risiko yang terkait dengan perokok pasif.


Sensasi dan Kecanduan Nikotin

Nikotin merupakan zat yang sangat adiktif dalam rokok, dan berperan penting dalam membentuk kebiasaan merokok. Yang terjadi adalah nikotin merangsang pelepasan neurotransmiter seperti dopamin, sehingga menimbulkan sensasi menyenangkan setiap kali Anda menghisapnya.


Hal ini memperkuat perilaku merokok dari waktu ke waktu dan menyebabkan konsumsi rokok secara teratur karena terciptanya ketergantungan fisik dan psikologis.


Di sisi lain, IQOS menyalurkan nikotin melalui proses pemanasan yang dipikirkan dengan cermat dan dikelola tanpa pembakaran. Artinya di perangkat IQOS; nikotin dilepaskan sebagai uap rasa dibandingkan dengan asap rokok.


Kepuasan dan Pengalaman Secara Keseluruhan

IQOS bertujuan untuk memberikan pengalaman serupa dengan merokok mengenai penyampaian nikotin dan semua aspek sensorik. Artinya, produsen IQOS memastikan penggunanya benar-benar puas seperti saat mereka menghisap rokok, mulai dari menghirup hingga merasakan dan mengenai tenggorokan.


Namun, rasa dan beberapa aspek sensoris mungkin berbeda-beda tergantung pada penggunaan rokok individu, tingkat kepuasan dan pengalaman. Namun IQOS menghadirkan HEETS rasa untuk menghindari kebosanan dengan rasa tembakau yang itu-itu saja.


Oleh karena itu, tambahan rasa dan aroma pada IQOS berarti berkurangnya bau dan lebih sedikit bau yang tertinggal dibandingkan dengan yang dialami rokok. Hal ini memberi Anda alasan untuk menikmati pengalaman merokok dan memberi Anda peluang penggunaan tembakau secara bijaksana yang tidak akan Anda dapatkan dengan rokok.


Apa yang Diharapkan Setelah Beralih ke IQOS

Beralih dari merokok ke IQOS disertai dengan serangkaian perubahan dan pengalaman yang dijamin dari pengguna rokok sebelumnya. Berikut adalah beberapa aspek yang diharapkan:


Mengurangi Bau Asap

Merokok sering kali memiliki bau yang kuat dan menyengat yang menempel di pakaian, tirai, furnitur, dan lingkungan secara keseluruhan. Bau yang terakumulasi bahkan terserap ke dalam kulit dan rambut Anda, berpotensi menyebabkan kekacauan sosial bagi penggunanya.


Namun karena IQOS memanaskan batang tembakau dibandingkan membakarnya, bau di lingkungan sekitar Anda pun berkurang. Hal ini juga disertai dengan peningkatan interaksi sosial yang menjamin peningkatan kebersihan dan kenyamanan pribadi.


Potensi Kepuasan

Perangkat IQOS dirancang untuk memberikan pengalaman serupa dengan merokok. Ini berarti ketika menggunakan IQOS, Anda dijamin mendapatkan kepuasan merokok yang sama namun tanpa dampak negatif dari merokok.


Namun, kepuasannya bisa berbeda-beda antara satu orang dengan orang lain tergantung seberapa sering seseorang merokok.


Adaptasi Ritual Baru

Meskipun desain dan kreasinya meniru rokok, perangkat IQOS beroperasi sedikit berbeda dari rokok. Bayangkan membiasakan diri memasukkan HEETS dan memahami tips perawatan IQOS, termasuk jadwal pengisian daya dan prosedur pembersihan.


Artinya, mungkin perlu waktu untuk beradaptasi sepenuhnya dalam menggunakan perangkat, namun hal ini sepadan.


Potensi Risiko Terkait dengan IQOS

Ketika mempertimbangkan IQOS sebagai alternatif pengganti rokok, ada baiknya untuk menyadari potensi keterbatasan yang timbul akibat penggunaannya.


Pertama, nikotin merupakan zat adiktif yang dapat menimbulkan ketergantungan. Hal ini mungkin membuat berhenti merokok menjadi sebuah tantangan. Oleh karena itu, penting untuk dicatat bahwa penggunaan IQOS tidak serta merta menghilangkan risiko kecanduan nikotin.


Kedua, meskipun penggunaan IQOS mengurangi paparan bahan kimia berbahaya, hal ini tidak menghilangkan potensi dampak kesehatan. Risiko ini mungkin timbul akibat penggunaan jangka panjang. Namun, penelitian lebih lanjut sedang dilakukan mengenai potensi risiko kesehatan yang mungkin muncul.


Anda juga harus waspada terhadap penggunaan ganda, di mana seseorang mungkin menggunakan rokok dan IQOS dalam situasi yang paralel. Hal ini mungkin membatasi fitur pengurangan dampak buruk yang terdapat pada IQOS dan malah meningkatkan ketergantungan nikotin dan paparan terhadap setiap bahaya yang menyertainya.


Kesimpulannya, ketika mempertimbangkan apakah IQOS merupakan alternatif yang lebih baik, Anda harus mempertimbangkan setiap faktor yang penting. Hal ini mencakup keadaan individu dan tujuan kesehatan, serta banyak faktor lainnya. IQOS memang menawarkan pengurangan bahaya dibandingkan dengan merokok, namun tetap memberikan pengalaman tembakau yang sama.


Namun, keputusan ada di tangan Anda. Anda harus hati-hati mempertimbangkan dan mengevaluasi bukti yang tersedia pada kedua produk tersebut. Hati-hati dengan penggunaan ganda!





Baca Berita Lainnnya di Google News

Jasa Branding dan Pasang Iklan Caleg Pemilu 2024 Hubungi