NGOPILOTONG.COM   -  SINJAI,  Sebanyak lima pustakawan dari lima Kecamatan mengikuti Pelatihan Pengolahan Pangan Lokal yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sinjai pada Selasa (10/11/2022).

Lima Pustakawan Desa yang turut serta dalam kegiatan tersebut antara lain Pustakawan Desa Kalobba, Kecamatan Tellulimpoe, Pustakawan Desa Barania, Kecamatan Sinjai Barat, Pustakawan Desa Sukamaju, Kecamatan Tellulimpoe, Pustakawan Desa Saohiring, Sinjai di Kecamatan Tengah dan Pustakawan Desa Polewali, Kecamatan Sinjai Selatan. Adapun Pokok Pelatihan yaitu mengolah Kentang dan pisang menjadi produk kue yang menciptakan peluang Bisnis di Desa.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sinjai, DR. Mansyur mengatakan, selain untuk meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), Pelatihan ini juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk berwawasan bahwa Perpustakaan bukan sekadar tempat membaca buku.

Daripada tempat untuk mengimplementasikan bacaan melalui inovasi atau karya, salah satunya adalah memanfaatkan makanan lokal untuk disulap menjadi kuliner khas dengan cita rasa.



"Perpustakaan akan didesain ulang pada basis inklusi sosial. Oleh karena itu, perpustakaan sekarang harus menjadi tempat kerja produktif yang bekerja berdasarkan pelajaran yang didapat,” ujarnya.

Pada tahap awal, pelatihan pengolahan pangan lokal ini bertujuan pada pustakawan dari 5 desa penerima manfaat program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. "Kelima desa diharapkan bekerja sama dengan masyarakat setempat untuk memberikan pelatihan seperti ini untuk membantu perpustakaan menjadi menyenangkan tempat untuk komunitas dimana mereka bisa belajar banyak hal dan banyak lagi,” tutup DR. Mansyur.

Kegiatan pelatihan ini juga melibatkan TP PKK Pemprov Sinjai terkait pengadaan bahan dan praktik langsung pada pengolahan pangan lokal.





FOLLOW FACEBOOK KAMI

BAGI ANDA PECINTA KULINER

RAHASIA KULINER ADALAH SOLUSINYA