NGOPILOTONG.COM   -   Dukungan yang diberikan kepada petani oleh Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) melalui Program Bantuan Padi Benih Mandir Tahun Anggaran 2022 sangat terasa bagi petani di Kabupaten Sidenreng Rappang.

Salah satunya adalah Kelompok Tani Sejahtera di Desa Passeno, Kecamatan Baranti, yang menyelenggarakan Panen Raya di 25 hektar sawah dan menghasilkan 7,23 ton beras per hektar. 

Lantah Pa'dongi, Ketua Kelompok Tani Sejahtera, mengakui bantuan Benih Beras dari Gubernur Mandiri merupakan bibit unggul yang menghasilkan panen lebih besar dan berkualitas. 

"Alhamdulillah bagus sekali pak, saya sangat berterima kasih Kepada Bapak Gubernur. Karena dulu Panen kita  hanya 5-6 ton per hektar, sekarang saya dapat 7 ton per hektar pak." 

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sidrap Ibrahim AS mengatakan hal yang sama. Menurut dia, dengan bantuan gubernur, tanaman yang menggunakan benih mengalami peningkatan produksi sebesar 2 ton per hektar dalam dua tahun terakhir. 



Menurut Ibrahim, Tahun lalu, total produksi panen Kelompok Tani Prospera 5-6 ton per hektare, kini dengan bantuan gubernur, total produksi padi menjadi 7-8 ton per hektare. 

” Panen Benih Padi Mandiri Gubernur cukup bagus. Alhamdulillah selisih pertumbuhan produksi sudah lebih dari 2 ton per hektar. Jadi kalau sebelumnya hanya 5-6 ton per hektar, sekarang sudah mencapai 7-8 ton per hektar," katanya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Departemen Produksi Pangan (UPT BBTP) Produksi Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Sulawesi Selatan  Abdul Gaffar, menjelaskan bahwa panen raya yang diadakan di Kabupaten Sidrap merupakan hasil produksi berupa benih-benih atau padi yang ditebar untuk dikonsumsi.

“Di Sidrap, kami mengumpulkan bantuan yang diberikan oleh gubernur kepada para petani. Untuk bantuan ini, ada bantuan untuk menyebarkan namanya. Produksi tetap untuk konsumsi,” katanya. 

Sidrap lahir dari benih yang ditanam oleh para petani Kelompok Tani Prospera, tambah Abdul Gaffar, asisten Penguasa Pembibitan.



DAPATKAN UPDATE BERITA VIA NGOPILOTONG.COM, FOLLOW FACEBOOK KAMI

BAGI ANDA PECINTA KULINER RAHASIA KULINER ADALAH SOLUSINYA