Nasi Kuning menjadi salah satu makanan favorit yang disantap saat masih perut dalam keadaan kosong. Nasi kuning menjadi salah satu kuliner yang paling di cari di Kota Makassar saat pagi hari. 


Salah satu warung nasi kuning yang terkenal adalah nasi kuning Riburane asuhan Hj Istiah terletak di Jalan Riburane Makassar, di depan Gedung Radio Republik Indonesia (RRI) Makassar. Nasi Kuning Riburane juga menjadi menjadi sarapan favorit mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) setiap kali berkunjung ke Makassar.


Meski bukan kuliner asli kota Makassar, namun demikian kombinasi nasi, kunyit, bumbu, santan, dan rempah menghadirkan sensasi kaya rasa sudah menjadi salah satu kuliner wajib bagi warga kota Makassar, bahkan para wisatawan yang berkunjung ke Makassar direkomendasikan untuk mencobanya.


Warung makan nasi kuning riburane sendiri sudah ada sejak tahun 80-an. Dari sejak awal buka hingga hari ini, cita rasa aslinya yang khas tetap dipertahankan, sehingga selalu mengundang kerinduan orang untuk terus merasakannya. Nasi Kuning Riburane buka setiap hari, mulai sekitar pukul 06.00 dan sekitar pukul 10.00 atau bahkan bisa lebih awal.


Demikian, karena saking nikmatnya banyak pengunjung yang datang terkadang kehabisan, selain itu Tidak jarang pengunjung harus rela antre, baik untuk membawa pulang pesanan ke rumah atau sekadar menempati kursi kosong di dalam warung.


Nasi Kuning Riburane secara tampilan tidak jauh berbeda dari nasi kuning pada umumnya, hanya saja Nasi Kuning Riburane diracik dengan kombinasi bumbu rempah dengan komposisi yang hanya menjadi rahasia pemiliknya. Yang menjadi khas adalah tekstur nasi yang gurih dan segar, ditambah aroma wangi semerbak dari campuran rempahnya.


Nasi kuning di Riburane juga dikenal dengan sajian yang kaya akan lauk. Dalam seporsi, kita bisa menemukan empal, paru, abon, sambal goreng, sayur, daging toppalada, dan telur. Paduan lauk itu menjadi pemancing selera, yang menghasilkan aneka rasa di lidah. Dari asin, manis, dan asam. 


Pengunjung bisa memesan nasi kuning di tempat ini dengan memilih porsi kecil atau besar. Jika tidak terbiasa, sebaiknya memesan porsi kecil. Sebab, ukuran nasi pada porsi besar agak lebih cocok jika dimakan lebih dari satu orang.


Porsi besar dihargai di atas Rp 50 Ribu-an, sementara untuk porsi kecilnya Rp 40 Ribu-an. Dua kali lipat dibandingkan harga nasi kuning yang umumnya ditemui di tepi-tepi jalan Kota Makassar.


Harga yang lumayan tinggi nyatanya tidak menyurutkan orang-orang untuk datang menikmati Nasi Kuning Riburane. Tidak percaya? Datang ke tempat itu pada pagi hari, dan lihat bagaimana orang-orang berjubel untuk mendapatkan satu-dua porsi. Tapi jika tidak ingin repot-repot, saat ini untuk menikmati Nasi Kuning Riburane sudah bisa dipesan melalui aplikasi ojek online.


Selain rasa yang khas, ketenaran tempat ini juga membuatnya layak dihargai di atas rata-rata. Sampai sekarang, pemilik Nasi Kuning Riburane belum membuka cabang di mana pun.


Source