NGOPILOTONG.COM,  -  Elon Musk, pendiri SpaceX dan Tesla, akan segera menguji coba layanan internet satelitnya, Starlink, di Indonesia. Uji coba ini direncanakan akan dilakukan di Ibukota Nusantara (IKN) pada bulan Mei 2024 mendatang.


Langkah ini menyusul pemberian dua perizinan kepada Starlink sebagai penyelenggara layanan Very Small Aperture Terminal (VSAT) dan Internet Service Provider (ISP) di Indonesia. Dengan perizinan tersebut, Starlink tidak hanya akan melakukan uji coba di IKN, tetapi juga akan menyediakan internet langsung kepada pengguna rumahan di Indonesia.


Muhammed Ali Berawi, Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital di IKN, mengkonfirmasi rencana uji coba Starlink di tujuh lokasi yang berbeda. Lokasi-lokasi tersebut termasuk kawasan hutan kota, kebun raya, rumah sakit, pusat pelatihan PSSI, depot BRT, dan tempat parkir Park and Ride.


Uji coba ini akan fokus pada instalasi dan akses satelit Low Earth Orbit (LEO). Saat ini, Starlink merupakan satu-satunya penyedia layanan internet satelit yang tertarik untuk berpartisipasi dalam pembangunan IKN. Ketertarikan Starlink untuk ikut serta dalam proyek pembangunan IKN sebelumnya telah diungkapkan oleh Rebeca Hunter dari Government Affairs Starlink dalam pertemuan bersama yang dihadiri oleh Otoritas IKN dan Kedutaan Besar Amerika Serikat.


Uji coba Starlink di Indonesia diharapkan akan membuka akses internet yang lebih luas dan dapat diandalkan, terutama di daerah-daerah yang sulit terjangkau oleh jaringan internet konvensional. Hal ini juga dapat menjadi langkah penting dalam mempercepat transformasi digital dan pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia.



Image     : Selular.id

Editor     :  Ahmad Firdaus



Baca Artikel Lainnya di GOOGLE NEWS